Simpanlah, Kayu Manis Agar Awet dan Tahan Lama!

Avatar of PortalMadura.Com
Simpanlah, Kayu Manis Agar Awet dan Tahan Lama!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu rempah yang banyak digunakan dalam berbagai resep makanan Indonesia adalah kayu manis. Kayu manis, sesuai namanya, memang memiliki ciri khas aroma yang harum dan sedap, dan inilah fungsi utamanya dalam masakan, yaitu memberi aroma wangi, sedikit manis dan sedap yang menggugah selera.

Kayu manis akan kekal segar selama kira-kira satu tahun jika disimpan di tempat yang kering dan gelap. Anda boleh memanjangkan jangka hayat kayu manis dengan menyimpannya dalam peti sejuk. Meskipun tampak kering dan bisa disimpan di mana saja, ternyata kayu manis juga perlu perlakuan baik saat menyimpannya agar tahan lama dan bisa digunakan untuk banyak keperluan.

Menyimpan kayu manis sebenarnya cukup sederhana, pastikan saja kebersihan wadah dan tempat penyimpanan, yaitu suhu ruangan sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Rempah-rempah kering semacam kayu manis paling baik disimpan dalam wadah tertutup gelap dan taruh di bagian dapur yang jauh dari sumber panas.

Kayu manis bisa bertahan tahunan, lebih dari 2 tahun jika disimpan dengan baik. Seiring berlalunya waktu penyimpanan, tentu kayu manis akan mengalami penurunan kualitas tergantung dari seberapa luas permukaannya. Dibandingkan membeli kayu manis bubuk, lebih baik membeli kayu manis batangan karena bisa menyimpan aroma manis dan harum lebih lama dibandingkan kayu manis bubuk.

Meski begitu, kayu manis yang masih tampak baik dan harum, kapan pun itu, masih layak dipakai. Jangan menyimpan kayu manis kering di dalam kulkas atau freezer karena hanya akan membuat kayu manis lembap dan justru berjamur. Itu dia cara terbaik menyimpan kayu manis dan agar kayu manis bisa awet bertahun-tahun dan bisa digunakan kapan saja.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.