Sinergi Bisnis dan Lingkungan: LindungiHutan Gelar Webinar Skil Hijau untuk UMKM dan Startup

Avatar of hartono
Sinergi Bisnis dan Lingkungan: LindungiHutan Gelar Webinar Skil Hijau untuk UMKM dan Startup
Green Skilling (LindungiHutan)

PortalMadura.com, Semarang – LindungiHutan telah sukses menyelenggarakan sebuah webinar bertajuk “Green Skilling: Green Marketing via Social Media untuk UMKM dan Startup guna Meningkatkan Branding”, yang berlangsung secara daring pada tanggal 30 Januari dan 1 Februari 2024. Acara ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang antusias dalam mempelajari lebih lanjut tentang branding hijau.

Webinar ini merupakan inisiatif dari LindungiHutan untuk mendukung pemilik usaha kecil menengah (UKM) dan pengusaha startup di Indonesia dalam mengembangkan citra merek yang berkelanjutan. Sejumlah pembicara terkemuka turut diundang, termasuk Mun Marva dari Kolaborasi dan SIAP, Tara Yulia Putri spesialis dari BelajarLagi, Arfiana Maulina pendiri Watery Nation, dan Rizki Fajar K yang bertugas di bagian pemasaran De Heus Indonesia.

Program webinar dibagi menjadi dua bagian utama, dimana sesi pertama pada 31 Januari 2024 fokus pada konsep dan praktik pemasaran hijau serta branding bagi UKM dan startup, dipimpin oleh Mun Marva. Sesi ini mengeksplorasi potensi pasar bisnis ramah lingkungan dan memberikan contoh kasus serta taktik dalam menerapkan green branding.

Mun Marva dalam sesi pertama memberikan analisis mendalam mengenai tren bisnis berkelanjutan yang kian populer sejalan dengan meningkatnya kepedulian terhadap isu lingkungan. Ia menguraikan strategi khusus untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pembangunan merek.

“Dari riset fleishmanhillard (2021), isu utama yang menarik untuk usia 18-24 tahun dan 65 tahun ke atas adalah tentang lingkungan dan perubahan iklim. Isu tersebut dianggap penting untuk mereka, oleh karena itu kita sebagai brand harus bisa melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan atau peluang yang bisa kita gunakan dalam pengembangan bisnis,” ucap Mun Marva.

Sinergi Bisnis dan Lingkungan: LindungiHutan Gelar Webinar Skil Hijau untuk UMKM dan Startup
Penyampaian Materi oleh Mun Marva (LindungiHutan)

Kemudian, Rizki memperkuat pemahaman peserta dengan pembahasan brand building. Dirinya menambahkan, “Ketika usaha yang mulai dirintis, sebelum menentukan channel yang akan digunakan, tentukan terlebih dahulu value bisnis kita. Lalu tentukan segmentasi pasar produk kita. Barulah dari sana kita bisa tentukan channel yang akan digunakan untuk mendukung bisnis”.

Sesi kedua webinar tidak kalah menarik dari sesi pertama. Pada Kamis, 1 Februari 2024, menghadirkan Tara Yulia Putri dan Arfiana Maulina yang membahas tentang copywriting & storytelling dan social media strategy & management.

Tara menyampaikan, “Di sosial media, kita bukan hanya bersaing dengan kompetitor, tapi juga dengan following-nya. Di sinilah pentingnya penggunaan copy writing agar pesan yang kita sampaikan menarik konsumen”.

Hal tersebut, diperkuat oleh Arfiana yang mengatakan bahwa “Strategikan konten di media sosial yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan, apakah bisnis kita untuk B2C atau B2B”.

Sinergi Bisnis dan Lingkungan: LindungiHutan Gelar Webinar Skil Hijau untuk UMKM dan Startup
Penyampaian materi oleh Arfiana M (LindungiHutan)

Melihat antusiasme peserta, LindungiHutan akan mengadakan lanjutan dari Webinar Green Skilling yang direncanakan pada bulan Februari tahun ini. Untuk mengetahui informasi selanjutnya, masyarakat dapat mengikuti terus media sosial LindungiHutan di Instagram, YouTube, Blog, dan X .

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 804 ribu pohon telah ditanam bersama 507 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 48 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green , Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.