Siswa SMK & SMA di Sumenep Akan Mendapat Bantuan PIP Tahun 2021

Avatar of PortalMadura.com
Siswa-SMK-&-SMA-di-Sumenep-Akan-Mendapat-Bantuan-PIP-Tahun-2021
Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Jawa Timur wilayah Sumenep (Foto: Taufikurrahman@portalmadura)

PortalMadura.Com, Sumenep – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten , Madura, Jawa Timur, akan mendapat bantuan (PIP).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Jawa Timur Wilayah Sumenep, Syamsul Arifin, Jumat (3/8/2021) menjelaskan, PIP bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai pendidikan menengah.

“Setiap siswa pendapatannya berbeda. Siswa kelas X  Rp 1 juta. Sedangkan siswa kelas XI dan XII mendapat Rp 1,5 juta karena disesuaikan dengan kebutuhannya,” terangnya.

Ia menjelaskan, PIP merupakan program berlanjut yang dimulai sejak pendidikan dasar hingga menengah.

“Jadi, siswa yang mendapat PIP dibangku tingkat bawah akan terus bergulir sampai tingkat pendidikan menengah,” jelasnya.

Untuk mendapatkan bantuan program PIP, terangnya, siswa harus mengantongi surat keterangan kurang mampu dari desa masing-masing.

“Jika siswa itu terdaftar di PKH, masih bisa mendapatkan. Mereka mengusulkan melalui dinas sosial setempat. Kemudian muncul di sekolah masing-masing,” paparnya.

Prosedur pencairan, kata dia, dana PIP langsung masuk ke rekening penerima melalui bank penyalur.

“Bagi siswa penerima jauh dari bank, bisa diwakilkan oleh kepala, bendahara atau guru yang ditugaskan untuk mencairkan dengan surat kuasa penerima,” tegasnya.

Namun, pihaknya tidak menyebutkan jumlah siswa SMK dan SMA di Sumenep yang mendapat bantuan program PIP di tahun 2021 dengan dalih dalam proses perekapan.

“Karena datanya berubah. Artinya, penerima PIP telah lulus SMA dan SMK. Jadi perlu didata ulang,” katanya.

Pada tahun 2020, siswa yang mendapat bantuan program PIP berkisar 20 persen setiap sekolah. Jumlah siswa SMK,SMA negeri dan swasta di Sumenep sebanyak 20 ribu lebih.

“Kalau itu dikalikan 20 persen, berarti yang mendapatkan PIP sekitar 4 ribu penerima,” pungkasnya (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.