oleh

Sofie Al Widad : “Caleg Itu Harus Jujur dan Amanah”

PortalMadura.Com, Situbondo – Salah satu keluarga besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Jawa Timur Nyai Sofie Al Widad berharap, kader partai politik yang ikut kontes calon legislatif pada pemilu legislatif 9 April 2014, tetap mengedepankan jujur dan amanah.

“Caleg itu harus jujur dan amanah. Apalagi, terpilih menjadi wakil rakyat di parlemen,” ujar Sofie Al Widad pada PortalMadura, Selasa (18/3/2014).

Menurut perempuan kelahiran 11 Agustus 1976 ini, dalam proses kontes caleg, setidaknya bukan semata-mata mengejar karier di politik, bukan pula untuk mensejahterakan kehidupan pribadi dan keluarganya. Tapi lebih dari itu, harus merasa terpanggil untuk memperbaiki tatanan kehidupan masyarakat.

Dalam menata tatanan kehidupan, tentu tidak hanya satu sektor. Melainkan banyak hal, semisal bidang ekonomi, pendidikan, ataupun kebijakan undang-undang yang pro rakyat. Apa yang bisa diperbuat untuk perubahan ke arah yang lebih baik, harus tertanam sejak awal dalam upaya mengemban amanah rakyat.

“Misi ini yang seharusnya dijadikan motivasi untuk memaksimalkan kinerja sebagai wakil rakyat,” tegasnya.

Tidak sedikit para wakil rakyat yang selalu mendapat kritikan dari konstituennya bila sudah duduk diparlemen. Munculnya kritikan ataupun hujatan yang disampaikan rakyat, juga harus dijadikan motivasi untuk koreksi diri. Bukan hanya dianggap angin lalu yang tidak berarti.

“Saya yakin, saat kampanye seperti sekarang. Semua caleg akan menyampaikan program yang bagus-bagus. Tetapi, apakah program yang disampaikan saat kampanye akan mampu diperjuangkan dan bisa direalisasikan. Ini pertaruhan bagi caleg itu sendiri, sehingga tidak akan dikategorikan ingkar janji oleh konstituennya,” tandasnya.(htn)

Komentar