oleh

Soroti Maraknya Tambak Udang, Pemuda Demo DPRD Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Timur Daya (API) melakukan aksi unjuk rasa di kantor DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (9/3/2020).

Mereka menyoroti maraknya tambak udang di Kecamatan Batang-Batang, Gapura, Dungkek, dan Batuputih. Selain berorasi, mereka juga membentangkan poster yang bertuliskan “Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Sumenep Pindah ke Luar Kota” sebagai bentuk protes terhadap anggota dewan yang jarang ngantor.

“DPRD harus tegas dalam menyikapi maraknya lahan beralih fungsi menjadi tambak udang. Jangan korbankan rakyat kecil,” kata Korlap aksi API, Ali Wafa.

Ia juga meminta agar anggota dewan bisa menekan pemerintah agar dapat objektif dan selektif dalam mengeluarkan izin operasi tambak udang. Karena, jika tanpa ada pengawasan yang ketat dikhawatirkan akan berdampak buruk pada masyarakat kecil.

Baca Juga: Saksi Bisu Keramahan dan Sopan Santun Warga Sumenep

“Tegakkan perda RTRW yang ada dengan layak dan bijak sesuai ketentuan yang ada,” tegasnya.

Ia juga menilai anggota dewan terkesan dilemahkan dalam pengawasannya. Akibatnya, hak rakyat semakin tergadaikan. Harusnya, anggota dewan itu berpihak pada kepentingan rakyat.

“Tunjukkan kewenangan anggota dewan. Jangan ikut-ikutan berpihak pada pemilik modal, berpihaklah pada rakyat,” pintanya.(*)

Penulis : Samsul Arifin
Editor : Salimah
Tirto.ID
Loading...

Komentar