Studi: Menikah Itu Dapat Menyehatkan Tulang

Avatar of PortalMadura.Com
Studi: Menikah Itu Dapat Menyehatkan Tulang
ilustrasi

PortalMadura.Com berdampak positif bagi kesehatan, bukanlah mitos, namun realitas. Sejumlah studi menunjukkan bahwa ada banyak korelasi pernikahan dengan kesehatan. Ada sangat banyak pengaruh pernikahan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan, bahkan membuat awet muda dan panjang usia.

Selain bermanfaat bagi mental, penelitian menunjukkan bahwa pernikahan juga bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda.

Penelitian yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Osteoporosis International, melihat sejarah perkawinan dan dukungan suami istri yang dilaporkan dari 632 orang dewasa. Kemudian data dibandingkan dengan tulang lumbal peserta dan kepadatan mineral tulang leher femur (BMD), keduanya merupakan indikasi kekuatan tulang.

Setelah menganalisa data, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang belum pernah menikah, bercerai, janda, atau duda memiliki BMD tulang belakang lumbal lebih rendah. Orang-orang yang menikah sebelum usia 25 tahun juga memiliki tulang yang lebih lemah daripada orang-orang yang menikah pada usia yang lebih tua.

Penelitian ini juga menemukan bahwa stres sangat mempengaruhi kesehatan. Namun, dengan hubungan yang berkualitas antara suami dan istri, kesehatan jauh lebih mudah dijaga dan penyakit lebih mudah dicegah.

Peneliti mengaku studi ini memang hanya menunjukkan korelasi, bukan sebab-akibat. Namun, peneliti berspekulasi bahwa stres selama hidup dapat memengaruhi kesehatan tulang. Jadi masuk akal, bahwa pernikahan yang bahagia mendukung Anda untuk melindungi kesehatan tulang. (feed.id)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.