Subhanallah, 3 Amalan Ini Bisa Menguntungkan Umat Muslim

Avatar of PortalMadura.com
Subhanallah, 3 Amalan Ini Bisa Menguntungkan Umat Muslim
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap umat muslim tentu mendambakan surga sebagai tempat terakhirnya di akhirat. Maka dari itu, mereka yang beriman sering melakukan -amalan yang diperintahkan Allah SWT untuk bisa mewujudkannya.

Bahkan, ada beberapa amalan ringan yang membuat seseorang tidak merugi. Sebagaimana firman Allah: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi.” (QS. Fathir : 29).

Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini:

Amalan Membaca Alquran
Membaca Alquran memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah dalam sabdanya menjelaskan, bahwa ketika seseorang membaca satu huruf dalam Alquran, maka baginya satu kebajikan. Dan satu kebajikan itu akan dibalas Allah SWT dengan ganjaran 10 kali lipat.

Oleh karena itu, ketika seseorang mengawali membaca Alquran dengan mengucapkan taawuz dan basmalah sudah lebih kurang 430 pahala yang didapatkan. Belum lagi kalau dilanjutkan dengan membaca surah al-Fatihah, surah al-Baqarah, atau surah yang lainnya, betapa banyak pahala yang akan didapatkan.

Rasulullah juga menjelaskan bahwa Alquran akan memberikan syafaat bagi orang yang suka membacanya. “Bacalah Alquran! Karena sesungguhnya Alquran itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya,” (HR Muslim).

Mendirikan Salat
Salat adalah tiang agama Islam. Siapa yang mendirikan salat berarti dia telah menegakkan agama, dan siapa yang meninggalkan salat dia telah merobohkan agama.

Begitu besar keutamaan salat sampai-sampai ia menjadi tolok ukur amal seseorang. Rasulullah bersabda: “Amalan yang paling mula dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah salat. Jika baik salatnya maka baiklah seluruh amalnya, dan jika salatnya buruk, maka buruklah semua amalnya,” (HR Thabrani).

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang batil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian” (QS. al-Muddatstsir : 42-47).

Mengeluarkan Infak di Jalan Allah
Betapa agung dan mulianya masalah infak dalam ajaran Islam. Allah SWT berfirman: “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai ….” (QS. Ali Imran: 92).

Infak di jalan Allah merupakan perkara yang sangat berat. Oleh karena itu, perintah untuk berinfak hanya ditujukan kepada orang-orang yang beriman saja. Bahkan dalam Alquran, mengeluarkan infak merupakan bagian tidak terpisahkan dari ketakwaan seseorang. Wallahu A'lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.