Subhanallah, Inilah 10 Hewan Yang Dijamin Masuk Surga

Avatar of PortalMadura.com
Unta Betina Nabi Shaleh as
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Surga dan neraka merupakan tempat yang akan dihuni kelak setelah mengalami kematian. Mereka yang senantiasa beriman kepada Allah SWT akan mendapatkan balasan berupa surga. Sebaliknya, untuk mereka yang ingkar akan masuk dalam neraka.

Bukan hanya manusia yang akan menghuni surga, ternyata hewan pun juga bisa masuk surga. Tahukah Anda, apa sajakah hewan yang dijamin masuk surga?.

Berikut 10 hewan yang sudah Allah SWT jamin akan masuk surga:

Unta Nabi Saleh As
Binatang yang dipastikan masuk surga adalah untanya Nabi Saleh As. Unta ini merupakan mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Saleh As. Namun, Unta ini dibunuh oleh kaumnya yang bernama Tsamud.

Karena hal tersebut, maka Allah memberikan azab berupa dihancurkannya kaum Tsamud tersebut dan tidak ada satupun yang tersisa di muka bumi. Kisah mengenai unta Nabi Saleh As ini dapat dilihat dalam Al-Qur’an Surat Huud: 64-68.

Anak Sapi Nabi Ibrahim
Hewan kedua yang pasti masuk surga adalah anak sapi Nabi Ibrahim As. Sapi tersebut hendak dihidangkan kepada tamu nabi Ibrahim yakni para malaikat yang membawa kabar kelahiran anak bagi Nabi Ibrahim yang bernama Ishak.

Allah SWT berfirman: “Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “Salaama”. Ibrahim menjawab: “Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal.”Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk. Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata: “Silahkan Anda makan.” (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: “Janganlah kamu takut”, dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak),” (QS. Adz Dzariyat: 24-30).

Kambing Nabi Ismail
Allah SWT pernah menguji kesabaran Nabi Ibrahim As dengan perintah untuk menyembelih anaknya yang tidak lain adalah Nabi Ismail As. Akan tetapi, karena keikhlasan serta kepatuhan Nabi Ismail kepada Allah, maka Ismail yang hendak disembelih tersebut berubah menjadi seekor kambing yang gemuk lagi sehat. Malaikat pun menyelamatkan Ismail dari penyembelihan atas perintah Allah SWT.

Baca Juga:  Hasil Sidang Isbat, Idul Adha Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

Kisah dramatis ini tercantum dengan jelas dalam Surat Ash Shaaffaat ayat 102-107. Nyata sudah kesabaran dan ketataan yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Pada akhirnya, peristiwa ini menjadi dasar disyariatkannya Qurban pada Hari Raya Haji.

Sapi Nabi Musa
Sapi milik Nabi Musa menjadi salah satu binatang yang juga akan masuk surga. Ketika itu, ada seorang Bani Israil yang meninggal dunia. mereka ingin mengetahui siapakah pembunuh orang tersebut. Lalu datanglah Bani Israil itu kepada Nabi Musa untuk meminta petunjuk.

Maka Allah SWT menyuruh mereka supaya menyembelih seekor sapi betina milik seorang yatim dan dipukulkan kepada mayat tersebut. Lalu, hiduplah orang mati itu dalam sekejap untuk mengabarkan siapakah pembunuh yang sebenarnya.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Ikan Paus Nabi Yunus As
Ikan paus milik Nabi Yunus As juga akan masuk ke dalam surga. Ia adalah ikan paus yang menelan Nabi Yunus ketika beliau dilempar ke laut karena kapal yang ditumpanginya kelebihan muatan. Setelah menelannya, lalu Allah memerintahkan paus tersebut untuk memuntahkannya kembali di daerah yang tandus.

Ketika keluar dari perut ikan paus, Nabi Yunus As bagaikan anak burung yang baru keluar dari telur (menetas) karena terlalu lemah. Kemudian, Allah SWT mengasihinya dan menumbuhkan sebuah ponon dari jenis pohon labu baginya untuk tempat berteduh Nabi Yunus sehingga membuat ia kuat kembali.

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.