Subhanallah! Inilah 7 Macam Rezeki dari Allah

Avatar of PortalMadura.com
Subhanallah! Inilah 7 Macam Rezeki dari Allah
Ilustrasi

PortalMadura.Com menjadi salah satu rahasia Allah dan tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahuinya. Oleh karena itu ada kalimat, rezeki sudah ada yang mengatur namun bukan berarti seseorang diam dan tidak melakukan apa-apa.

Ikhtiar perlu dilakukan meskipun Allah sudah menjamin rezeki pada masing-masing orang. Karena ikhtiar merupakan salah satu bagian untuk menjemput rezeki. Sebagaimana yang tedapat pada QS. Fathir: 3: “Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah Pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi?”

Rezeki bisa berbentuk apa saja, seperti udara, anggota tubuh, bisa bernapas dan lain sebagainya, semua hal itu harus selalu disyukuri. Selain itu, ada beberapa macam rezeki sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (19/8/2019) dari laman okezone.com yang mengutip dari Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia.

Berikut :

Rezeki yang Sudah Dijamin

Semua makhluk yang ada di alam semesta ini sudah dijamin rezekinya, meskipun seekor nyamuk.

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (Surah Hud : 6).

Rezeki Menikah

Allah sudah jamin rezeki untuk istri dan anak bagi seseorang yang sudah menikah.

“Dan nikahkanlah orang-orang yg masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan ke- cukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (Surah An-Nur : 32).

Rejeki Tak Terduga

Allah sering memberikan rezeki yang tidak terduga. Walaupun kadang Anda sering tidak menyadarinya. Contoh Anda bisa bangun dari tidur merupakan rezeki yang luar biasa. Bagaimana kalau Anda tidak bisa bangun lagi?

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberi nya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Surah At-Thalaq : 2-3).

Rezeki Karena Usaha/Ikhtiar

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (Surah An-Najm : 39).

Rezeki Bersyukur

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (Surah Ibrahim : 7).

Baca Juga: Toyota Innova vs Bus Pariwisata, PNS Sumenep Meninggal Dunia

Rezeki Istighfar

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (Surah Nuh : 10-11).

Rezeki Karena Sedekah

Untuk itu, datangnya rezeki memang tidak pernah terduga. Allah pun tidak pernah salah orang ketika memberikan rezeki-Nya.

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Surah Al-Baqarah : 245).

Selain itu, rezeki pun tergantung dari amal perbuatan setiap orang. Jika rezeki didapat dengan cara halal, maka akan berkah hidupnya. Sebaliknya, jika dicari dengan cara tidak halal, maka Allah pun tidak meridai.

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Fathir: 2).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.