oleh

Sulitnya Mendapatkan Pupuk Bersubsidi di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Petani di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pasrah dengan kondisi pupuk bersubsidi yang semakin sulit. Pasalnya, saat ini sudah seharusnya para petani memberi pupuk terhadap tanaman padinya.

“Kami pasrah saja, karena sangat sulit mencari pupuk urea di Sumenep ini. Padahal sekarang sudah waktunya tanaman padi di pupuk,” ungkap Moh Safik, salah satu petani di Desa Gadding, Kecamatan Manding, Sumenep, Sabtu (10/1/2015).

Meski pihaknya sudah tergabung dengan kelompok tani, tapi dikelompoknya juga belum ada pendistribusian pupuk karena memang tidak bisa menebus.

“Dikelompok tani juga belum ada pendistribusian. Tidak tau mau cari dimana, kami bingung semua,” keluhnya.

Ditempat lain, Pak Sari, petani asal Desa Lanjuk, Manding juga mengeluhkan kosongnya pupuk bersubsidi itu, karena jika dalam satu pekan kedepan ini tidak ada pupuk, dipastikan tanaman padi warga tidak akan berkembang baik.

“Kalau sampai satu pekan kedepan tetap tidak ada pupuk, tanaman padi kami bisa tak berkembang,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Disperta) Sumenep, Bambang Heriyanto menyatakan, pihaknya telah melakukan singkronisasi kebutuhan pupuk dengan UPT Pertanian dan Distributor guna mendapatkan persetujuan (SK) dari Bupati.

Pupuk subsidi sebanyak 24 ribu ton untuk kuota 2015 di Sumenep tidak bisa didistribusikan tanpa ada pengesahan dari Bupati. Dia memastikan dalam waktu dekat pupuk bersubsidi itu sudah bisa direalisasikan. (arifin/htn)


Komentar