oleh

Sumenep Darurat Agraria, Mahasiswa Demo Menteri Pertanian dan BUMN

PortalMadura.Com, Sumenep – Kedatangan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, dan Menteri BUMN, Rini Soemarno, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, disambut aksi demo puluhan mahasiswa, Selasa (6/6/2017).

“Kami akan menyampaikan bahwa Sumenep sedang darurat agraria,” kata koorlap aksi, Agus Suhaidi.

Dua menteri datang ke Sumenep dalam rangka menghadiri kegiatan “Peningkatan Luas Tambah Tanah (LTT) Padi, Jagung, Kedelai, dan Launching Kartu Tani Untuk Percepatan Swasembada Pangan”.

Para pendemo menyampaikan, bahwa berdasarkan data dari PCNU Sumenep, sekitar 500 hektar lahan di Sumenep sudah dikuasai oleh investor asing, seperti di Kecamatan Talango, Gapura, Dungkek, Batang-batang, Manding, Dasuk, Kecamatan Kota, Lenteng, Bluto,
Kalianget, Ambunten, Pasongsongan.

Loading...

“Rata-rata, pembelian tanah dialihfungsikan menjadi tambak untuk wilayah pedesaan. Dan untuk wilayah kota menjadi perumahan dan pertokoan. Padahal lahan produktif menjadi tempat penghasil kebutuhan pokok bersama dalam memenuhi sandang dan pangan,” tegasnya.

Saat ini, banyak lahan produktif sudah mulai sempit, masyakarat semakin resah dengan ulah pihak pemerintah daerah dan investor yang tidak bertanggung jawab.

“Saya berharap Menteri Pertanian RI dan Menteri BUMN merespon kegelisahan masyarakat Sumenep,” harapnya. (Bahri/Putri)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar