Sumenep-Jakarta Dominasi Pengguna Bus AKAP

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep-Jakarta Dominasi Pengguna Bus AKAP
Para pengguna transportasi darat di terminal Arya Wiraraja Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Pengguna jasa transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) didominasi penumpang tujuan Jakarta dari terminal Arya Wiraraja, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Setiap kedatangan dan keberangkatan, tidak kurang dari 200 orang. Itu PP,” kata Korsatpel Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi, Jumat (12/11/2021).

Umumnya, kata dia, tujuan Jakarta. Peningkatan aktivitas pengguna jasa bus terasa sejak adanya kelonggaran PPKM Jawa-Bali.

“Alhamdulilah setelah mengalami degradasi penumpang, saat ini sudah mulai menggeliat tujuan Jakarta. Dan tujuan dalam provinsi,” terangnya.

Sebelumnya diakui menurun drastis. Pihaknya menduga, masyarakat sadar pentingnya kesehatan pada masa pandemi dan ketatnya penerapan PPKM.

Ia menyampaikan, dominasi penumpang tujuan Jakarta karena warga Sumenep banyak yang memiliki usaha di ibu kota. Seperti toko sembako dan usaha lainnya.

Sedangkan penumpang tujuan dalam provinsi yang memanfaatkan jasa bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), seperti tujuan Banyuwangi, Malang, Jember, Bondowoso dan sekitarnya tergolong masih sepi.

“Penumpang bus AKDP biasanya hanya untuk silaturahim pada momen hari-hari besar atau liburan. Biasanya 50 sampai 100 penumpang, PP,” terangnya.

Saat ini, pengguna jasa bus AKDP masih didominasi pelajar dan mahasiswa. “Jadi, pengguna bus AKDP tidak ramai,” ucapnya.

Para penumpang bus untuk semua rute, baik pengguna jasa maupun AKDP tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Pakai masker, menunjukkan kartu vaksin dan rapid antigen,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.