oleh

Sumenep Punya Rumah Pintar Pemilu Sultan Abdurrahman

PortalMadura.Com, Sumenep – Rumah Pintar Pemilu (RPP), Sultan Abdurrahman, Kamis (6/4/2017), telah diresmikan oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

RPP tersebut merupakan program KPU Pusat untuk media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat Sumenep.

“Kami berharap, dengan hadirnya RPP ini mampu mencerdaskan masyarakat Sumenep. Suara masyarakat mampu menjadi suara Tuhan, bukan suara uang,” tegas Busyro, dalam sambutannya.

Menurutnya, dengan adanya rumah pintar pemilu akan memberikan warna tersendiri dalam proses pemilihan (demokrasi).

Politisi PKB ini mengungkapkan, mencerdaskan masyarakat tidak hanya tugas dari RPP, tetapi juga tugas partai politik untuk mencerdaskan masyarakat.

Sumber Pengetahun

Ketua KPU Sumenep, Warist mengatakan, dengan adanya rumah pintar pemilu (RPP) diharapkan mampu menyediakan sumber pengetahuan kepemiluan bagi masyarakat dan menjadi ruang belajar, serta mampu meningkatkan drajat partisipasi masyarakat.

“Jadi, semua rumah pintar pemilu (RPP) ini terbuka lebar untuk melayani masyarakat Sumenep yang ingin belajar tentang kepemiluan,” ujarnya.

Sementara, Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur, Khairul Anam, menjelaskan, rumah pintar pemilu (RPP) merupakan program dari KPU RI.

“Dalam rumah RPP ini, banyak informasi yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat luas sebagai ilmu pengatahuan. Termasuk pengetahuan tentang banyaknya data pemilih di setiap kabupaten. Kita sudah menyajikan data itu lewat situs KPU. Jadi masyarakat tinggal melihat secara terbuka,” pungkasnya. (Bahri/Har)

Komentar