Sungai Meluap, Tiga Kelurahan Tergenang

Avatar of PortalMadura.com
Sungai Meluap, Tiga Kelurahan Tergenang
dok. Kondisi banjir Sampang (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Bencana banjir merendam tiga Kelurahan di Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, yakni Dalpenang, Rongtengah dan Gunung Sekar, Senin (11/1/2021).

Kepala Seksi (Kasi) Logistik dan Kedaruratan, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Imam menyampaikan, air yang menggenangi permukiman warga di tiga kelurahan masih tinggi.

“Ketinggian air yang masuk ke permukiman warga rata-rata sekitar 30 sentimeter sampai setinggi lutut orang dewasa,” terangnya.

Bencana banjir yang melanda wilayah Kota Sampang merupakan air susulan dari wilayah Kecamatan Kedungdung, Robatal, Karangpenang dan Omben pasca terjadi curah hujan sangat tinggi pada 10 Januari 2021.

Banjir yang menggenangi permukiman warga lanjut Imam, berasal dari luapan air sungai kali kemuning Kecamatan Kota Sampang. Lantaran, kondisi sungai tidak mampu menampung debit air sangat tinggi.

Untuk mengetahui situasi luapan air sungai di daerah utara, pihaknya mengaku telah berkomunikasi dengan beberapa kepala desa guna mendapatkan informasi dan memantau kondisi air surut.

“Kami hanya menunggu datangnya air dari hulu masuk ke Kota Sampang sebagai wilayah terendah melewati muara atau hilir sungai hingga menuju keluar,” terangnya.

Pihaknya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sampang siap siaga, terus melakukan pemantauan di setiap titik banjir.

Imam juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos), mendirikan empat dapur umum untuk suplai bantuan makanan bagi warga terdampak bencana .

“Kami berharap, semoga air laut tidak pasang. Jika pasang, akan berakibat genangan banjir semakin tinggi merendam Kota Sampang,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.