oleh

Sungai Meluap, Tiga Kelurahan Tergenang

PortalMadura.Com, Sampang – Bencana banjir merendam tiga Kelurahan di Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, yakni Dalpenang, Rongtengah dan Gunung Sekar, Senin (11/1/2021).

Kepala Seksi (Kasi) Logistik dan Kedaruratan, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Imam menyampaikan, air yang menggenangi permukiman warga di tiga kelurahan masih tinggi.

Selamat Ibadah Puasa

“Ketinggian air yang masuk ke permukiman warga rata-rata sekitar 30 sentimeter sampai setinggi lutut orang dewasa,” terangnya.

Bencana banjir yang melanda wilayah Kota Sampang merupakan air susulan dari wilayah Kecamatan Kedungdung, Robatal, Karangpenang dan Omben pasca terjadi curah hujan sangat tinggi pada 10 Januari 2021.

Banjir yang menggenangi permukiman warga lanjut Imam, berasal dari luapan air sungai kali kemuning Kecamatan Kota Sampang. Lantaran, kondisi sungai tidak mampu menampung debit air sangat tinggi.

Untuk mengetahui situasi luapan air sungai di daerah utara, pihaknya mengaku telah berkomunikasi dengan beberapa kepala desa guna mendapatkan informasi dan memantau kondisi air surut.

“Kami hanya menunggu datangnya air dari hulu masuk ke Kota Sampang sebagai wilayah terendah melewati muara atau hilir sungai hingga menuju keluar,” terangnya.

Pihaknya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sampang siap siaga, terus melakukan pemantauan di setiap titik banjir.

Imam juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos), mendirikan empat dapur umum untuk suplai bantuan makanan bagi warga terdampak bencana banjir Sampang.

“Kami berharap, semoga air laut tidak pasang. Jika pasang, akan berakibat genangan banjir semakin tinggi merendam Kota Sampang,” katanya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Lisa Mana L

Komentar