oleh

Sedekah, Obat Paling Mujarab untuk Segala Penyakit

PortalMadura.Com – Sedekah merupakan perilaku baik yang sangat disukai oleh Allah dan menjadi anjuran bagi siapa saja yang memiliki rezeki lebih. Karena, harta yang Anda punya adalah hak orang yang tidak mampu.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengeluarkan hak mereka agar harta Anda menjadi bersih. Pasalnya, dengan bersedekah akan membersihkan harta-harta Anda. Berbicara tentang sedekah, benarkah hal ini bisa menjadi obat mujarab bagi orang yang sakit?.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (11/1/2021) dari laman Okezone.com.

Hampir setiap orang pasti mengalami sakit, kapan dan di mana itu tidak ada yang tahu, tapi gejalanya bisa diprediksi. Saat sakit itu dirasa tidak kunjung sembuh tentunya akan membuat seseorang merasa khawatir.

Tidak heran jika mereka kemudian berikhtiar dengan cara berobat ke dokter dan disempurnakan pula dengan doa, berharap penyakit yang ada bisa cepat sembuh. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa salah satu obat mujarab, sebut saja ‘obat ekstra’ bagi sebuah penyakit adalah sedekah.

Dengan kata lain, hal yang sering kali terabaikan saat memberi pengobatan kepada orang yang sakit adalah sedekah. Jadi, sedekah menjadi obat terpenting.

Dari Abu Umamah Al-Bahili, Rasulullah bersabda :

Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah“(HR. Abusy Syaikh dalam kitab Ats-Tsawab. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 3358).

Al-Imam Al-Munawi, juga berkata :

Maksudnya adalah sedekah sunah. Di kala seseorang berharap kesembuhan dengan cara mengeluarkan sedekah, maka sungguh itu obat yang sangat mujarab” (Faidhul Qadir, 1/75).

Selain itu, Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

Pasti, sedekah memiliki kemampuan luar biasa dalam mencegah berbagai musibah/bala, walaupun orang yang bersedekah adalah seorang yang bejat, zalim, atau bahkan orang kafir“.

Ustaz Abdul Wahid at-Tamimi dalam pesannya menyebutkan, karena dengan sebab sedekah itulah Allah menolak musibah atau bala dengan beragam bentuknya.

Hal yang demikian ini pada asalnya telah diketahui oleh setiap orang, baik awam ataupun bukan. Bahkan penduduk bumi mengakui hal ini, karena mereka telah membuktikannya“(Al-Wabilus Shayyib hal. 49).

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa jangan pernah mengabaikan sedekah. Sekecil apapun, jika dilakukan dengan ikhlas dan niat mencari kesembuhan dari Allah, Insya Allah akan ada manfaat yang Anda rasakan setelahnya. Jangan lupa bersedekah. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar