oleh

Syarat Utama Pembukaan Pariwisata, Kondisi Daerah Membaik dari Covid-19

PortalMadura.Com – Rencana dibukanya kembali sektor pariwisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama menegaskan, pemerintah masih melakukan persiapan termasuk membuat sejumlah tahapan.

“Sekali lagi ini persiapan ya, persiapan untuk kita melakukan berbagai macam tahapan,” kata dia usai rapat terbatas pada Kamis (28/5/2020).

Syarat utama untuk dibukanya kembali pariwisata tersebut kata dia, yakni kondisi daerah yang telah membaik dari Covid-19.

“Dengan berbagai macam parameter yang sudah disiapkan sehingga nantinya tahapan ini bisa kita lakukan,” jelas dia.

Sejumlah tahapan yang disiapkan pemerintah, yakni penerbitan protokol kenormalan baru di sektor pariwisata.

“Kedua setelah kita mendapatkan SOP tersebut kita harus melakukan simulasi. Tahapan berikutnya adalah melakukan simulasi terhadap SOP tersebut,” katanya.

Tahapan akhir kata dia, pemerintah akan melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membuka destinasi wisata.

Menurut dia, dengan kenormalan baru dan pergeseran tren itu juga, pemerintah mengubah konsep pariwisata di Indonesia dari sebelumnya ‘quantity tourism’ menjadi ‘quality tourism’.

Selama masa pandemi Covid-19, pihaknya memperkirakan kehilangan potensi kedatangan 4 juta wisatawan asing hingga Mei 2020 karena Covid-19.

Wishnutama mengatakan hingga kini masih menunggu laporan resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait potensi kerugian di sektor pariwisata.

Berdasarkan data sebelum terjadinya pandemi, setiap bulannya ada sekitar 1,3-1,4 juta wisatawan asing berkunjung Indonesia.

“Data persisnya kami juga masih menunggu,” katanya.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar