oleh

Tahukah Kamu, Mengapa Gajah Tidak Bisa Melompat?

PortalMadura.Com – Gajah merupakan mamalia yang penuh dengan keunikan. Selain karena memiliki tubuh besar dan belalai yang panjang, gajah juga dikenal sebagai hewan yang pintar karena mampu mengingat banyak hal selama hidupnya. Namun, ada satu fakta unik yang mungkin diabaikan oleh beberapa orang. Gajah ternyata merupakan satu-satunya mamalia yang tidak dapat melompat, lho!

Menurut John Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusi di Royal Veterinary College di London, menduga hal itu kemungkinan karena bobot besar hewan itu. Gajah yang baru lahir saja memiliki berat sekitar 120 kg dan apabila sudah tumbuh dewasa, berat badannya bisa mencapai 5.400 kg.

Selain itu mereka memiliki otot kaki yang relatif lemah dan pergelangan kaki yang tidak fleksibel. Serta Struktur pada telapak dan pergelangan kakinya yang tidak memiliki kelenturan sehingga tidak memadai untuk melakukan lompatan seperti mamalia pada umumnya. Hal itu juga menyebabkan gajah tidak memungkinkan untuk berjalan ataupun berlari dengan cepat. Karena gajah hanya bisa berlari dengan kecepatan maksimal 24 Km per jam!

Nah, jadi sudah tahu kan mengapa gajah tak bisa melompat? (berbagaisumber/choir)


Komentar