oleh

Tahun Ini Warga Gili Raja Bakal Dapat Jaringan Listrik

SUMENEP (PortalMadura) – Tahun 2014 ini, warga Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal mendapatkan bantuan jaringan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dari Kantor Energi Sumber Daya Alam dan Miner (ESDM) setempat.

“Sebelumnya kami akan melakukan survey dulu, untuk melihat pemetaan konsentrasi rumah listrik di pulau tersebut,” kata Kepala ESDM Sumenep, Abd Kahir, Rabu (15/01/14).

Dia menjelaskan, perencanaan program PLTD di Pulau Gili Raja itu dianggarkan Rp.1,4 miliar. Kini program itu sudah dimulai.

“Program jaringan listrik PLTD ini sudah dimulai, tinggal melakukan survey lokasi, kami lakukan dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

iklan hari santri

Kahir menilai, anggaran sebesar Rp1,4 miliar itu tidak cukup menerangi seluruh warga di Gili Raja yang mencapai 4.500 Kepala Keluarga (KK) di empat desa itu.

“Untuk itu kami akan melakukan skala prioritas sekaligus pemetaan lokasi rumah listrik apakah di tempatkan di satu titik di dermaga atau menyebar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kahir menegaskan, anggaran Rp1,4 m itu hanya cukup untuk jaringan, rumah listrik, dan mesin dengan kapasitas 400 KVA.

“Untuk menerangi seluruh warga di pulau tersebut perlu menambah mesin lagi, sehingga kami akan berupaya agar dana Corporate Social Responcibility (CSR) PT Santos tahun ini bisa difokuskan pada penambahan PLTD ini,” pungkasnya.(arif/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.