Tak Cuma Benjolan, Ini 8 Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan

Avatar of PortalMadura.com
Tak Cuma Benjolan, Ini 8 Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama ini mungkin mayoritas orang hanya mengetahui gejala kanker payudara yaitu adanya benjolan. Ternyata hal ini salah, walaupun benjolan merupakan gejala yang paling diakui dari penyakit kanker, tetapi bukan berarti itu adalah satu-satunya gejala kanker payudara.

Pasalnya, benjolan atau massa payudara hanyalah salah satu dari kemungkinan pada wanita maupun pria. Banyak gejala lainnya yang perlu diwaspadai terkait pertumbuhan kanker ini.

Berikut delapan tanda kanker payudara lainnya selain benjolan:

Perubahan pada Tekstur Kulit
Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan dan peradangan pada sel-sel kulit yang dapat menyebabkan perubahan tekstur. Perubahan-perubahan tekstur ini seperti, kulit bersisik di sekitar puting dan areola, seolah-olah kulit terbakar matahari atau sangat kering, dan penebalan kulit di setiap bagian payudara.

Keluar Cairan dari Puting Susu
Seseorang dapat mengamati keluarnya cairan dari puting susu, yang bisa tipis atau tebal dan warnanya bervariasi dari bening, warna susu, hingga kuning, hijau, atau merah. Adalah normal bagi orang-orang yang sedang menyusui untuk mengeluarkan air susu dari puting susu, tetapi disarankan untuk menemui dokter tentang segala pengeluaran cairan puting lainnya.

Skin Dimpling
Skin dimpling menjadi salah satu tanda kanker payudara, di mana ini ditandai dengan kulit berlesung pipit atau kulit payudara yang menjadi seperti permukaan kulit jeruk, antara pori-pori melebar, kulit mengeras, dan menegang. Sel-sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan getah bening di payudara yang menyebabkan pembengkakan serta kulit berlesung pipit atau berlubang.

Perubahan Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening adalah kumpulan kecil dari jaringan sistem kekebalan yang menyaring cairan dan menangkap sel-sel yang berpotensi berbahaya. Ini termasuk bakteri, virus, dan sel kanker. Jika sel kanker meninggalkan payudara, tempat pertama perjalanannya adalah daerah kelenjar getah bening ketiak di sisi yang sama dengan payudara yang terkena. Ini bisa menyebabkan pembengkakan di area ini.

Selain pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, seseorang mungkin memerhatikannya di sekitar tulang selangka. Mereka biasanya merasa seperti benjolan kecil, keras, bengkak dan mungkin lunak saat disentuh. Namun, jaringan getah bening juga dapat berubah karena infeksi payudara atau penyakit lain yang sama sekali tidak terkait.

Nyeri Payudara atau Puting
Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada sel-sel kulit yang menyebabkan perasaan sakit, nyeri tekan, dan ketidaknyamanan pada payudara. Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, penting untuk tidak mengabaikan tanda atau gejala yang mungkin disebabkan oleh kanker payudara. Bahkan beberapa orang mungkin menggambarkan rasa sakit sebagai sensasi terbakar.

Baca Juga: Yuk Kenali, Gejala Kanker Payudara Pada Wanita Remaja

Retraksi Puting atau Inversi
Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan sel di belakang puting. Perubahan-perubahan ini dapat menyebabkan puting susu membalik dan membalikkan payudara ke dalam, atau mungkin terlihat berbeda dalam hal ukurannya. Munculnya puting sering dapat berubah selama ovulasi atau bagian lain dari siklus menstruasi, tetapi harus mengunjungi dokter tentang perubahan puting baru.

Kemerahan
Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang mungkin membuatnya tampak berubah warna atau bahkan memar. Biasanya, Kulit akan berubah warna menjadi merah atau ungu atau mungkin kebiruan. Maka penting untuk mencari nasihat medis jika payudara mengalami perubahan warna-warna tersebut.

Pembengkakan
Kanker payudara dapat menyebabkan seluruh payudara membengkak. Meskipun tidak ada benjolan yang berbeda setelah pembengkakan ini, tetapi ukuran payudara mungkin berbeda dari payudara lainnya. Selain itu, pembengkakan ini akan menyebabkan perubahan dari ukuran payudara biasanya dan kulit terasa kencang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.