Yuk Kenali, Gejala Kanker Payudara Pada Wanita Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk Kenali, Gejala Kanker Payudara Pada Wanita Remaja
Yuk Kenali, Gejala Kanker Payudara Pada Wanita Remaja

PortalMadura.Com – Seiring perkembangan zaman, jumlah penderita di Indonesia terus bertambah. Beberapa tahun terakhir pasien kanker payudara tak hanya menyerang orang dewasa saja, akan tetapi mulai menyerang kalangan muda.

Peningkatan kasus kanker payudara di kalangan muda belum diketahui penyebab pastinya karena penyakit kanker berhubungan dengan berbagai faktor. Banyak faktor yang meningkatkan resiko kanker payudara.

Beberapa faktor risiko tidak dapat diubah seperti usia atau riwayat keluarga, tetapi ada juga faktor risiko yang berhubungan dengan gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol.

Kanker payudara pada usia muda kemungkinan terjadi pada wanita dengan riwayat keluarga menderita kanker payudara. Risiko juga semakin meningkat bila jumlah kerabat dekat yang menderita kanker lebih dari 1 orang.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kanker Payudara

Begitu pula jika wanita tersebut mengalami paparan radiasi dalam jumlah besar khususnya di daerah dada sejak usia kanak-kanak.

Semua saudara dari penderita kanker payudara memiliki peningkatan resiko mengalami kanker payudara namun saudara tingkat pertama (saudara kandung, orang tua, anak) memiliki peningkatan resiko dua sampai tiga kalilipat dibandingkan dengan populasi umum.

Gejala Kanker Payudara Pada Wanita

Para peneliti menemukan gen BRC-1 (Breast Cancer 1) dan BRC-2 (Breast Cancer 2). BRC-1 dapat dideteksi pada 1 dari 400 wanita dan mutasi BRC-2, dan gen tersebut menyebabkan 5% kasus kanker payudara yang disebabkan faktor keturunan.

Di sisi lain, para peneliti dari American Cancer Society telah menemukan bukti bahwa risiko kanker payudara meningkat pada wanita perokok, terutama pada wanita yang mulai merokok di usia muda.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Hasil penelitian menemukan fakta bahwa risiko wanita perokok yang menderita kanker payudara hanya meningkat pada peminum dan mantan peminum alkohol, dan tidak terlihat peningkatan risiko pada mereka yang tidak pernah minum alkohol.

Gejala paling sering pada kanker payudara adalah adanya benjolan di sekitar payudara, payudara terlihat bengkak, tender dan sering gatal. Gejala lainnya adalah puting susu terbalik dan memar serta pembentukan getah bening di ketiak.

Jika ditemukan ada hal yang tampak berbeda pada payudara, segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.