oleh

Tak Hanya Enak, Buah Persik Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Buah persik (peach) atau yang dikenal dengan nama latin Prunus persica (L.) berasal dari negara Tiongkok. Buah ini identik dengan kulit yang tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan.

Selain rasanya yang unik dan enak, buah persik ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (22/3/2021), berikut manfaat buah persik untuk kesehatan:

Mengatasi Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan di dalam buah persik berfungsi untuk menangkal paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis dan kandungan kalium dan serat dalam buah persik juga berperan menurunkan risiko terjadinya obesitas dan diabetes.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan kalium yang tinggi pada buah persik berperan dalam menjaga metabolisme tulang dan menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan procyanidin, anthocyanin, dan quercetin dalam ekstrak buah persik dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terkandung pada buah persik berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan berfungsi untuk mempercepat perbaikan sel dan proses penyembuhan luka.

Menjaga Saluran Pencernaan

Kandungan serat pada buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Bakteri baik di dalam usus besar akan mengubah serat menjadi asam lemak yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada usus.

Mencegah Penuaan Dini

Seramid pada buah ini baik untuk kulit yang berperan dalam menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari iritasi maupun polusi. Komponen ini akan menurun seiring bertambahnya usia.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar