oleh

Tak Hanya Pelezat Makanan, Ada Berbagai Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Tanaman daun salam atau Eugenia polyantha biasanya sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelezat masakan. Daun salam mengandung niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang diduga mampu menurunkan kadar trigliserida serum dan membantu mengatasi berbagai penyakit.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (25/3/2021), berikut manfaat daun salam untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Asam caffeic dan senyawa organik pada dalam daun salam mampu meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi air rebusan daun salam dapat memperkuat dinding kapiler di jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada sistem kardiovaskular.

Mencegah Batu Ginjal

Ekstrak daun salam dapat mencegah batu ginjal. Ekstrak daun salam diyakini mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh Anda. Urease adalah enzim yang jika berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan, termasuk meningkatkan risiko batu ginjal.

Mencegah Kanker Payudara

Ekstrak tanaman daun salam bisa membantu pencegahan kanker payudara. Ekstrak ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Fungsi Saraf

Konsumsi air rebusan daun salam secara teratur akan membuat kamu mendapatkan manfaat vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat makanan dan vitamin B seperti niasin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin, dapat membantu menurunkan serta mengelola kadar gula darah. Manfaat ini membantu penderita diabetes terhindar dari berbagai komplikasi yang memberatkan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar