oleh

Tak merokok tapi Bibir Berwarna Gelap? Kenali 7 Penyebabnya

PortalMadura.Com – Memiliki bibir yang indah dan berwarna merah muda kemerahan akan membuat tampilan Anda lebih segar. Namun tidak semua orang memiliki bibir merah alami. Ada beberapa orang yang memiliki bibir hitam.

Bibir hitam salah satunya disebabkan karena merokok namun juga ada beberapa faktor yang menyebabkan bibir menjadi hitam. Dilansir dari laman Hellosehat.com, Selasa (8/12/2020) berikut penyebab bibir menjadi hitam:

Bibir Kering

Dimusim panas bibir menjadi lebih cepat kering dan jika Anda kekurangan minum air putih juga menyebabkan bibir menjadi kering. Sehingga Anda membutuhkan pelembab untuk menjaga kelembapan bibir. Saat bibir Anda kering maka bibir akan mengalami pecah-pecah. Hal ini yang berpotensi membuat bibir menjadi lebih gelap secara perlahan.

Gaya Hidup dan Kebiasaan

Kebiasaan dan gaya hidup yang dapat membuat bibir menjadi gelap adalah merokok dan minum alkohol. Zat asam yang ada pada alkohol yang menyebabkan Anda dehidrasi sehingga membuat bibir pecah-pecah dan mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

Hiperpigmentasi

Kondisi ini dimana melanin lebih banyak sehingga warna kulitpun berubah. Melanin ini terbentuk dikarena terlalu seirng terkena sinar matahari. Oleh karena itu gunakan penangkal tabil surya untuk menghindari hiperpigmentasi.

Anemia

Anemia bisa menjadi penyebab bibir hitam karena saat Anemia tubuh kekurangan hemoglobin. Zat inilah yang membawa oksigen pada darah sehingga darah berwarna merah.

Kafein

Anda adalah penggemar kafein sehingga terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Ternyata salah satu penyebab bibir hitam adalah terlalu sering mengonsumsi kafein.

Hal ini terjadi karena kafein bersifat zat deuretik yang akan menyebabkan Anda sering buang air kecil. Saat Anda terlalu sering buang air kecil tanpa diimbangi dengan mengonsumsi air mineral maka Anda akan mengalami dehidrasi. Inilah yang akan membuat bibir Anda pecah-pecah lalu menghitam.

Kosmetik Kedaluwarsa

Produk kosmetik yang tidak Anda sadari ternyata sudah kedaluwarsa akan menyebabkan bibir Anda hitam. Oleh karena itu pastikan lipstik yang Anda gunakan tidak kedaluwarsa agar tetap menjaga kesehatan bibir Anda.

Keracunan

Keracunan dapat menyebabkan bibir Anda hitam. Racun yang dapat membuat bibir hitam seperti merkuri, perak, tambak, alkali kuat, dan jenis logam yang berbahaya lainnya.

Rewrite : Lisa Mana L
sumber : Hellosehat.com

Komentar