oleh

Tak Perlu Dipaksa Moms, Si Kecil Penting Belajar Berjalan Sendiri

PortalMadura.Com – Kelahiran seorang bayi merupakan anugerah indah bagi setiap keluarga. Bahkan, dengan adanya si kecil kehidupan rumah tangga akan semakin berwarna. Apalagi, seorang bayi akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Mulai dari mereka yang hanya menghabiskan hari-harinya buat tidur, belajar bergerak, belajar merangkak, belajar berdiri hingga belajar berjalan.

Umumnya, bayi mulai bisa berjalan saat usianya sudah mencapai 1 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bayi bisa berjalan saat usianya sudah lebih dari satu tahun atau kurang. Sebenarnya, kemampuan berjalan dari seorang anak tidaklah sesederhana yang ada di pikiran orang tua. Pasalnya, untuk sampai pada titik ini perlu perjuangan orang tua dalam melatihnya.

Selamat Ibadah Puasa

Tahap Awal Anak Mampu Berjalan
Pada tahap awal, langkah pertama dimulai dengan menjaga keseimbangan tubuhnya, selanjutnya mulai memindahkan titik berat badan dari kaki satu ke kaki lainnya hingga berjalan satu dua atau tiga langkah, bahkan banyak langkah sampai kemampuan berlari.

Mengenai kemampuan berjalan ini, orang tua penting untuk membiarkan dan memberi ruang bagi buah hati untuk belajar berjalan sendiri.

Pada dasarnya, setiap anak memiliki kemampuan sendiri-sendiri mengenai tumbuh kembangnya. Beberapa anak mulai bisa berjalan di usia yang sangat muda. Namun, beberapa dari mereka mulai bisa berjalan di usia yang lebih telat dari anak-anak seusianya.

Usia Berapa Anak Mulai Berjalan?
Orang tua tidak perlu resah jika hingga usia 1 tahun lebih anak belum bisa berjalan. Dengan memberikan dorongan dan latihan tanpa adanya paksaan, anak akan belajar sendiri untuk mulai berdiri, menyeimbangkan tubuh hingga berjalan.
Biasanya, di usia 8-9 bulan anak sudah mulai pandai dan kuat berdiri sendiri. Di usia ini, anak juga akan sering meminta ditatih sebagai langkah awal baginya untuk mulai melangkahkan kakinya.

Semakin sering anak ditatih, keberanian dan rasa percaya dirinya untuk berjalan sendiri akan lebih besar. Sedangkan ketika anak berusia 9-12 bulan, kemampuan anak berdiri semakin mengesankan.

Selain itu, si kecil pun mulai melangkahkan kakinya dan merambat untuk berjalan. Puncaknya pada usia 12-18 bulan, umumnya anak sudah bisa berjalan sendiri.

Orang tua jangan terlalu memaksa anak agar ia bisa segera berjalan atau berkemampuan seperti anak-anak seusianya. Sebab, orang tua yang terlalu memaksakan kemampuan anak terkhusus memaksanya berjalan, hal ini dikhawatirkan justru akan menurunkan rasa percaya dirinya. Bahkan, paksaan ini dikhawatirkan juga bisa memengaruhi kondisi psikologis anak. (vemale.com/Salimah)


Komentar