Tak Perlu Drama, Begini Cara Menarik Bangunkan Anak di Pagi Hari

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Drama, Begini Cara Menarik Bangunkan Anak di Pagi Hari
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Pagi hari seringkali menjadi momen yang begitu menantang bagi sebagian orang tua ketika membangunkan anaknya. Karena, kebanyakan mereka enggan bangun pagi sehingga drama pun dilakukan untuk membujuknya bangun.

Apalagi setelah melewati liburan sekolah, biasanya anak terbangun lebih siang. Apakah Anda salah satu ayah atau ibu yang dibuat kesal karena hal itu?. Nah, sudah saatnya Anda mencari solusi yang menarik untuk membuat anak mudah bangun.

Bagaimanakah?. Yuk intip caranya berikut ini:

Psikolog keluarga, David Swanson menuturkan, sangat penting untuk mulai perencanaan dini. Bunda dan Ayah harus memahami bahwa anak membutuhkan proses untuk melewati transisi dari masa liburan ke jadwal masuk ke sekolah.

“Orang tua kerap membuat kesalahan dengan menunggu sampai menit terakhir. Seharusnya, biarkan anak-anak tidur lebih awal di malam hari jauh sebelum jadwal sekolah kembali dijalani agar mendapatkan pagi yang lancar. Bunda dapat mempersiapkan anak-anak setidaknya seminggu sebelum sekolah dimulai,” ujar Swanson.

Baca Juga : Tak Perlu Marah-marah, Ini 5 Cara Bangunkan Anak dari Tidur

Selain itu, Bunda juga perlu mengatur agenda di luar jadwal tidur anak-anak. Seperti misalnya makan malam pada waktu yang ditentukan, batasi waktu menggunakan komputer, menonton televisi dan video game,” kata Swanson.

Bunda juga dapat mengatur ulang jadwal rutin anak-anak. Sebab, setelah mereka terbebas dari agenda rutin seperti bangun tidur dan juga belajar, jam tidur mereka menjadi tidak teratur. Jill Spivack, co-author The Sleepeasy Solution mengatakan, untuk mulai mengatur kembali alarm mereka sejak seminggu sebelum liburan berakhir. Cara itu akan membantu mereka bisa bangun lebih awal.

“Jika Bunda melakukannya hari demi hari dan memulai rutinitas yang santai setelah makan malam dengan menenangkan, mematikan gadget, dan menuju ke kamar tidur, hal tersebut akan membantu anak-anak tidur lebih awal. Dan, biarkan tirai terbuka di pagi hari agar cahaya matahari masuk secara alami dan menggeser waktu bangun anak-anak,” katanya.

Melansir Noguiltmom, perlahan-lahan menyesuaikan jadwal tidur anak juga menjadi trik yang bisa dipraktikkan, Bun. Misalnya, dengan menyesuaikan waktu tidur mereka untuk kembali ke jadwal semula secara bertahap.

Bunda dapat mempraktikkannya dengan menerapkan seminggu sebelum sekolah dimulai kembali. Mulai dengan menerapkan jam tidur pada pukul 9 malam. Kemudian, hari berikutnya Bunda dapat menetapkan jam tidur anak pukul 08.30 malam dan di hari berikutnya lagi pada pukul 08.00 malam. Sehingga, jadwal tidur pun kembali normal seperti semula.

Jangan lupa juga, Bunda perlu menyingkirkan gadget dari anak-anak sebelum tidur, karena dapat berdampak negatif pada kualitas tidur mereka. Menurut Scientific American, layar gadget memiliki konsentrasi cahaya biru yang lebih tinggi daripada cahaya lainnya. Cahaya ini diketahui memengaruhi kadar melatonin yakni hormon yang menyebabkan seseorang tertidur.

Menjauhkan gadget dari jangkauan anak-anak sebelum tidur menjadi langkah yang perlu dilakukan, Bun. Semoga bermanfaat dan berhasil melakukannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.