Tak Perlu Panik, Begini Cara Mudah Redakan Nyeri Bayi Setelah Suntik Vaksin

Tak Perlu Panik, Begini Cara Mudah Redakan Nyeri Bayi Setelah Suntik Vaksin
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pemberian vaksin kepada anak seringkali membuat khawatir orang tua. Karena setelah pemberian vaksin akan menderita efek samping seperti suhu tubuh menjadi tinggi, kemerahan, dan bengkak di area suntikan.

Tapi percayalah Bunda, pemberian vaksin itu untuk menjaga kesehatan dan melindungi anak dari penyakit yang berbahaya. Selain itu, efek samping tersebut hanya dirasakan oleh Si Kecil dalam sementara waktu.

Baca: Setelah Imunisasi MR, Ini Efek Samping yang Bisa Terjadi Pada Anak Anda

Apabila efek samping yang dirasakan oleh anak membuat perasaan Anda tetap khawatir, Bunda jangan ragu untuk memeriksakannya kepada dokter. Tapi sebelum itu, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri dari efek samping suntik vaksin itu.

Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan obat-obatan tertentu untuk kembali membuat Si Kecil tenang setelah vaksin. Yuk simak berikut ini:

Berikan Ketenangan
Bayi dapat menjadi kesal dan mengantuk bahkan dapat menolak makan selama beberapa jam setelah divaksinasi. Dalam situasi seperti ini, Bunda harus merencanakan beberapa kegiatan yang menenangkan Si Kecil ketika di rumah. Jagalah agar suhu ruangan sejuk dan nyaman, serta pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang longgar.

Selalu Pegang Si Kecil
Tetap berada dekat dengan Si Kecil, pegang erat-erat ketika dia mendapatkan suntikan, yang mana hal ini dapat membantu membuat Si Kecil tetap tenang. Pegang lengan atas Si Kecil dan berikan dia kenyamanan saat sedang diberi suntik vaksin.

Beri Si Kecil Makan
Sebisa mungkin Bunda berikan ASI kepada bayi ketika ia sedang disuntik vaksin, karena para ahli percaya bahwa menyusui dapat mengurangi rasa sakit yang dirasa oleh Si Kecil ketika sedang divaksin.

Tidak hanya itu, setelah melakukan vaksin pun Bunda harus tetap menyusui Si Kecil karena bisa membantu menyembuhkan rasa sakit dari efek samping setelah vaksin.

Kompres Si Kecil
Cara lain yang efektif untuk meredakan efek samping setelah vaksin adalah dengan memberikan kompres dingin di area yang sakit. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit di sekitar tempat suntikan, tapi jika situasi tidak membaik dalam 24 jam, Bunda segera mungkin harus periksakan Si Kecil ke dokter.

Berikan Mainan
Salah satu cara terbaik untuk membantu Si Kecil tenang setelah divaksinasi adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Berikan dia sebuah mainan yang dapat menarik perhatiannya untuk sementara waktu, atau bisa juga dengan memberikan tontonan kepada Si Kecil.

Beri Gula
Gula dapat dengan mudah membantu bayi mengurasi intensitas rasa nyeri saat vaksinasi, trik ini sangat membantu untuk bayi di bawah usia enam bulan. Bunda dapat mencoba memberi bayi sedikit air gula sebelum dia divaksinasi atau mencelupkan dotnya ke dalam air gula dan setelah itu biarkan dia mengisapnya. (nakita.grid.id/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.