oleh

Tak Perlu Periksa ke Dokter, Ini 4 Cara Jitu Atasi Perut Kembung

PortalMadura.Com – Mengalami perut kembung tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk melakukan semua hal menjadi tidak nyaman, bahkan makan pun sepertinya sulit dan terasa sakit.

Perlu Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perut menjadi kembung, misalnya cara makan atau asupan yang dikonsumsi. Pencernaan yang buruk dan kelebihan gas juga bisa menjadi alasan perut menjadi kembung.

Maka dari itu, berikut ini empat cara jitu meredakan perut yang kembung:

Jangan Makan Terlalu Cepat
Makan terlalu cepat dapat menyebabkan kembung, sebab lebih banyak udara yang akan tertelan. Kembung dan sakit perut bisa terjadi karena menelan udara yang berlebihan saat makan.

Makan terlalu cepat mengirimkan sinyal yang salah ke otak. Jadi, bukannya menghasilkan enzim pencernaan, malah tubuh memproses hormon stres yang terkait dengan penyebab perut menjadi kembung.

“Makan yang santai akan membantu fungsi pencernaan saat kamu berkonsentrasi dengan makanan yang ada dihadapanmu,” kata nutrisionis, Rick Hay.

Tetap Terhidrasi
Tetap terhidrasi dapat membantu perut tetap aman dan tidak kembung. Ketika dehidrasi, tubuh menahan air sampai waktu berikutnya yang tidak hanya menyebabkan perut menjadi kembung tapi juga bengkak di bagian tubuh lain seperti kaki. Dehidrasi juga menyebabkan sembelit dan proses pencernaan menjadi tidak nyaman.

Namun, hal ini tidak berarti tubuh harus diisi dengan air yang sangat banyak. Meminum air yang terlalu banyak juga dapat mengencerkan asam lambung yang dibutuhkan untuk memecah makanan. Ada baiknya untuk meminum segelas air sebelum makan dan usahakan tidak terlalu banyak minum ketika sedang makan.

Baca: Moms, Ini 8 Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi

Hindari Konsumsi Gula yang Berlebihan
Konsumsi makanan manis yang memiliki kadar gula yang berlebihan menjadikan perut menjadi kembung. Para ahli merekomendasikan tidak lebih dari 2-3 sajian manis, baik itu makanan atau minuman, per harinya.

Kurangi Garam
Makan terlalu banyak garam menyebabkan perut menjadi kembung. Konsumsi garam secara berlebihan mengakibatkan penumpukan cairan yang meningkatkan volume darah yang membuat jantung bekerja lebih keras dan perut menjadi kembung.

Untuk menguranginya, periksa persentase garam pada label nutrisi. Lebih dari 20 persen per porsi berarti konsumsi garam sudah berlebihan. (detik.com/Salimah)


Komentar