oleh

Tangan Anda Bergetar Tanpa Disadari? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

PortalMadura.Com – Pernah mengalami tangan bergetar secara tiba-tiba atau tanpa penyebab yang pasti?. Jika iya, mungkin Anda akan merasa khawatir dan bingung harus berbuat apa. Tahukah Anda, kejadian ini bisa terjadi akibat stres secara situasional atau karena faktor lain.

Munculnya getaran pada tangan ini bisa terjadi secara sementara tapi juga dalam jangka panjang. Apabila hanya sementara mungkin tidak jadi masalah. Namun, bagaimana jika berlangsung lama?. Tentunya, Anda perlu mewaspadai dan berkonsultasi dengan dokter.

Sebagaimana menurut NorthShore University Health System and Neurological Institute, gemetar pada tangan bisa disebabkan karena berbagai bagian di otak tergantung kondisi. Cedera pada salah satu bagian otak bisa memunculkan getaran tangan yang tidak terkontrol.

Sebenarnya, ada berbagai alasan dan kondisi yang bisa menyebabkan kerusakan otak yang berujung tangan bergetar. Dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari The Health Site, berikut sejumlah penyebab tangan bergetar tanpa disadari:

Konsumsi Kopi Berlebih

Salah satu penyebab utama yang bisa Anda kenali dari munculnya tangan bergetar adalah akibat konsumsi kafein. Ternyata, tingginya tingkat kafein di dalam tubuh bisa memengaruhi fungsi otak, menyebabkan insomnia, rasa cemas, dan detak jantung yang meningkat.

Baca Juga : Awas, Bahaya yang Mengintai Anda Minum Kopi saat Perut Kosong

Perlu Anda tahu, mengonsumsi kafein di atas 400 miligram dalam satu hari bisa berdampak pada otak. Hal ini bisa menyebabkan tangan bergetar akibat masalah di dalam otak.

Loading...

Hipertiroid

Selain penggunaan kafein, ada juga yang namanya hipertiroid. Apa itu hipertiroid?. Yaitu kondisi di mana ada produksi berlebih hormon tiroid di dalam tubuh. Nah, terlalu banyaknya hormon ini bisa menyebabkan tangan bergetar.

Hal ini biasanya juga disertai dengan meningkatnya detak jantung yang menyebabkan nyeri di dada serta menurunnya berat badan secara berlebihan.

Efek Samping Obat

Penggunaan obat juga bisa menjadi salah satu penyebab getaran tersebut. Maksudnya, tangan bergetar bisa jadi efek samping penggunaan obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan asma.

Hal ini bisa menujung masalah sistem, saraf yang menyebabkan getaran pada otot tangan. Jika sejumlah obat yang Anda konsumsi menjadi penyebab hal ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Sakau Alkohol

Tangan bergetas merupakan reaksi umum dari kondisi sakau alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa mengubah susunan kimia otak. Tangan bergetas akibat sakau alkohol biasanya cukup parah pada 48 jam pertama dari minuman terakhir.

Keracunan Merkuri

Menurut the National Institute of Neurological Disorders and Stroke, paparan merkuri bisa mempengaruhi sistem saraf tubuh yang menyebabkan tangan gemetar.

Keracunan merkuri bisa berujung kerusakan jangka panjang selain tangan bergetar. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan kesulitan berjalan, kerusakan memori, bahkan kebutaan. Anda tentu tidak mau kan jika mengalami kejadian ini?.

Gula Darah Rendah

Tingkat gula darah yang rendah bisa memengaruhi otak dan jadi penyebab tremor di tangan dan kaki. Otak mengontrol kapasitas tubuh untuk tetap stabil. Tanpa gula darah yang cukup, hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen serta disfungsional.

Itulah sejumlah hal yang bisa jadi penyebab getaran yang terjadi pada tangan. Namun ketika hal ini terjadi dalam jangka panjang maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar