oleh

Target Pembangunan Pamekasan 2020 Tak Sesuai Rencana

PortalMadura.com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tidak bisa melaksanakan pembangunan tahun 2020 sesuai target, lantaran adanya pergeseran anggaran untuk penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pamekasan, Taufikurrahman mengungkapkan, pemerintah daerah di Indonesia tidak bisa merealisasikan pembangunannya seratus persen. Sebab, pemerintah pusat menghapus Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan di daerah.

“Sehingga program yang kita laksanakan tidak sesuai dengan target, misalnya proyek pengaspalan yang awalnya 100 kilometer tidak mungkin terlaksana. Karena DAK dihapus semua,” katanya, Senin (27/4/2020).

Pria asal Sumenep ini menambahkan, penghapusan DAK oleh pemerintah pusat karena adanya pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19. Saat ini, pihaknya berupaya menyesuaikan keuangan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar program yang dicanangkan tetap dapat terlaksana.

Baca Juga : Berburu Takjil Ramadan Khas Sumenep

“Ada SKB (Surat Keputusan Bersama) dua menteri tentang petunjuk pelaksanaannya. Pokoknya semua kegiatan dilakukan penghematan, semua OPD kita minta,” tandasnya.

Ditegaskan, semua anggaran saat ini bergeser secara otomatis, selain adanya penghapusan DAK, pemerintah daerah juga diminta menganggarkan untuk penanganan covid-19. Termasuk pula membiayai orang yang positif terpapar covid-19. (*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar