Tata Cara Lakukan Salat Duha yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Tata Cara Lakukan Salat Duha yang Benar
Ilustrasi (Merdeka.com/Shutterstock)

PortalMadura.Com – Ibadah sunnah bagi umat Islam menjadi tambahan setelah melaksanakan ibadah wajib. Jika Anda melakukan ibadah sunnah akan bernilai pahala. Ibadah sunnah yang biasa dilakukan yaitu salat Duha. Melaksanakan salat sunnah Duha banyak orang laksanakan karena ingin dimudahkan rezeki.

Saat Anda melakukan salat Duha ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut tatacara salat duha dilansir dari laman Merdeka.Com, Selasa (2/6/2020)

Niat

Membaca niat salat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafii dan Hambali. Bacaan niat secara umum:

Ushalli sunnatad dhuha rak‘ataini Muswabilal Qiblati Adaan lillahi ta‘ala

Artinya: Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Taala.

Pertama membaca , dilanjutkan dengan takbiratul ihram (Allahu akbar), membaca doa iftitah dan membaca surah al-Fatihah. Dilanjutkan dengan membaca surah pendek, diutamakan QS ad-Duha. Ruku dengan tumaninah, Itidal, Sujud, dan duduk diantara dua sujud dengan tumaninah.

Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua, membaca surah al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surah pendek, diutamakan QS as-Syams dan lakukan Ruku, Itidal, Sujud, Duduk di antara dua Sujud dan Sujud kedua dan Tasyahud Akhir dengan tumaninah. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri. Membaca .

Doa Salat Duha

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana musiron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana baidan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ibaadakash shoolihiin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu,

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran duha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang salih.

Waktu Salat Duha

Salat Duha di lakukan pada awal waktu dimulai sekitar 20 menit setelah matahari terbit. Akhir waktu untuk mengerjakan salat Duha ialah 15 menit sebelum memasuki waktu Salat Duhur.

Wallahu a'lam “Dan Allah lebih tahu Mengetahui”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.