oleh

Temuan Anggota DPRD Sampang pada Proyek Jalan Kabupaten

PortalMadura.Com, Sampang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Madura, Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada kegitan peningkatan infrastruktur jalan kabupaten.

Titik lokasi kegiatan yang dipantau langsung oleh rombongan legislatif dari Komisi III, di Kecamatan Robatal dan Karang Penang, Sampang.

Anggota Komisi III DPRD Sampang, Abdus Salam menyampaikan, perencanaan kegiatan peningkatan infrastruktur jalan ditemukan ada yang tidak maksimal serta kurang teliti.

“Ada sedikit kekurangan untuk perencanaan. Seharusnya, kegiatan jalan diberikan plengsengan. Namun, plengsengan tidak ada,” katanya, Kamis (3/12/2020).

Dana proyek peningkatan jalan kabupaten, kata politisi Partai Demokrat itu, masing-masing mencapai Rp.1,9 miliar dengan sumber anggaran dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) tahun 2020.

Melihat fakta kegiatan yang tidak maksimal, pihaknya menilai konsultan perencanana kurang jeli membaca kondisi lapangan, khususnya pada plengsengan yang dibangun di titik lokasi yang tidak membutuhkan.

“Pelaksana kurang cepat mengerjakan proyek ini. Kontrak kerja berakhir pada 17 Desember 2020, semoga saja tidak molor,” lanjutnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Sampang, Husni Mubarak mengaku kualitas bahan kegiatan proyek yang mencurigakan tidak akan bertahan lama lantaran terdapat kelemahan dari perencanaan proyek.

“Pemasangan U-ditch tidak rapi dan sudah ada yang retak. Seharusnya, ada juga pembangunan plengsengan pada kegiatan ini,” katanya.

Pihaknya meminta rekanan dan dinas terkait menjaga kualitas konstruksi bangunan yang sedang dikerjakan berjalan sekitar 50 persen.

“Kami mengajak masyarakat ikut andil mengawasi kegiatan peningkatan jalan sampai tuntas. Jika terdapat indikasi pekerjaan tidak sesuai rencana, dapat dilaporkan kepada yang berwenang,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Dwi Oktaviana KK