oleh

Terapkan Sikap Disiplin Pada Anak Dengan Cara Menyenangkan

PortalMadura.Com – Salah satu hal penting yang perlu diajarkan oleh orang tua kepada buah hatinya sejak dini yakni tentang kedisiplinan, hal ini bisa memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan anak kedepannya, selain bermanfaat untuk melatih cara mengontrol emosi, anak jadi menentukan pilihan yang baik untuk dirinya sendiri.

Jika disiplin diterapkan sejak dini, maka anak dapat belajar untuk membagi waktu juga belajar tepat waktu dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini akan dibutuhkan di sekolah dan berguna bagi diri mereka sendiri.

Berikut ini hal-hal yang bisa Bunda lakukan untuk melatih kedisiplinan kepada anak, yang dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (5/12/2020).

Beri mereka tugas
Untuk hal ini Bunda bisa meningkatkan tanggung jawab pribadi mereka dengan memberikan tugas pekerjaan sehari-hari di rumah. Saat memberi mereka tugas, pastikan Bunda agar tidak memberikan kritik terhadap hasil pekerjaan mereka.

Buatlah jadwal
Salah satu cara untuk mendidik anak disiplin adalah dengan cara jadwalkan kegiatan mereka sehari-hari, sehingga mereka akan lebih merasa bertanggung jawab dalam belajar mematuhinya.

Biarkan mereka memilih
Apabila banyak tawaran kegiatan kepada anak, biarkan anak memilih kegiatan yang mereka suka tanpa harus memaksa anak. Terkadang banyak orang tua yang khawatir anaknya tak akan berkembang jika kehilangan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan usai sekolah. Sebaiknya Bunda memberinya kesempatan untuk mengikuti satu atau dua kegiatan saja yang benar-benar mereka sukai, agar lebih fokus dan lebih mudah belajar berdisiplin dalam membagi waktunya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar