Terkuak 4 Khasiat Labu Siam untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Terkuak 4 Khasiat Labu Siam untuk Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah pernah mengonsumsi ?. Sayuran berwarna hijau ini cukup populer di Indonesia. Labu siam juga dikenal dengan nama chayote. Pasalnya, sayur ini masih sekeluarga dengan labu parang dan pare.

Banyak orang membuatnya sebagai kuah dan sejak dulu labu siam dipercaya memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, bahan pangan ini juga memiliki manfaat kecantikan jika dikonsumsi secara teratur. Hal tersebut karena di dalam labu siam terdapat kandungan nutrisi yang cukup banyak.

Sebagaimana menurut chef dan pakar gizi di UTHealth School of Public Health, Wesley McWhorter, M.S., R.D., seperti dilansir Merdeka.com dari Shape menyampaikan, labu siam termasuk sayuran yang kaya gizi. Kandungan nutrisi yang dimilikinya antara lain antioksidan berupa vitamin B, vitamin C, kalium, dan asam amino.

Bicara soal vitamin, satu buah labu siam mengandung 0,1 miligram vitamin B6, 10,2 mg vitamin C, 0,2 mg vitamin E, dan 5,4 mikrogram vitamin K. Nah, setelah membahas nutrisinya, selanjutnya akan dibahas mengenai khasiat kecantikan yang bisa didapat dari konsumsi labu siam secara teratur.

Apa saja?. Berikut ini penjelasannya:

Detoksifikasi dan Mengatasi Bloating

Menurut artikel yang dilansir Merdeka.com dari Elma Skincare, teh herbal yang dibuat dari labu siam memiliki khasiat diuretik ringan. Minum teh ini akan membantu proses detoksifikasi lewat air seni.

Baca Juga : 5 Khasiat Tersembunyi Labu Kuning Khas Halloween Bagi Kecantikan

Selain itu, teh dari labu siam juga kerap digunakan untuk mengatasi bloating. Jadi, minumlah teh ini tiap kali Anda merasa wajah sembap dan perut membuncit dan rasakan manfaatnya.

Mencegah Jerawat

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, labu siam mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Konsumsi sayuran ini secara teratur bisa memberikan manfaat untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat.

Pasalnya, vitamin C memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kulit. Maka, cobalah memanfaatkannya, siapa tahu Anda cocok dengan bahan alami ini.

Memperlambat Munculnya Gejala Penuaan

Menurut artikel yang dilansir Merdeka.com dari Healthline, konsumsi makanan yang tinggi antioksidan bisa memperlambat munculnya gejala penuaan, karena antioksidan akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Labu siam kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kuat. Selain melindungi kulit dari radikal bebas, vitamin C juga menjadi ‘bahan bakar' untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

Melancarkan Pencernaan dan Membantu Diet

Manfaat yang terakhir yaitu cocok bagi Anda yang memiliki program diet. Sebab, labu siam termasuk bahan makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Satu cangkir labu siam cuma mengandung 25 kalori, 0,2 gram lemak, dan 6 gram karbohidrat. Sementara serat yang dikandung satu buah labu siam bisa mencapai 3,5 gram.

Tidak heran, berkat kandungan serat dan kalorinya yang rendah itu, labu siam bisa menjadi bahan pangan pendukung diet. Sayuran ini juga akan menjadikan pencernaan lancar.

Itulah berbagai manfaat kecantikan yang bisa didapat dari konsumsi labu siam secara teratur. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.