Ternyata Ini Penyebab Lingkungan Rusak

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Ternyata Ini Penyebab Lingkungan Rusak
Ternyata Ini Penyebab Lingkungan Rusak

PortalMadura.Com – Pada saat ini, kerusakan lingkungan dapat dengan mudah ditemui di sekitar dan telah memasuki fase darurat.

Selain karena faktor alam seperti perubahan iklim serta faktor manusia juga yang turut berperan dalam menyebabkan kerusakan alam.

Baca Juga

1. Perilaku Manusia

Manusia memandang lingkungan sebagai sumber daya alam yang dapat dieksploitasi sesuai keinginan dan kepentingan dirinya sendiri.

Kegiatan eksploitasi yang dilakukan terus menerus tanpa ada upaya untuk melestarikannya akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Selain itu, kesadaran masing-masing individu yang rendah dalam pelestarian lingkungan pun dapat mempengaruhi timbulnya kerusakan lingkungan.

2. Kesulitan Teknologi

Bagi masyarakat yang distribusi teknologinya belum merata seperti di Indonesia, banyak ditemukan kesulitan dalam mencari teknologi yang ramah lingkungan.

Sehingga masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan teknologi yang ada meskipun dinilai tidak ramah lingkungan. Seperti halnya penggunaan CFC atau Klorofluorokarbon sebagai pendingin lemari es dan air conditioner atau AC.

3. Masyarakat Bersinergi Rendah

Kerusakan lingkungan juga dapat disebabkan oleh masyarakat yang tidak mempunyai kesamaan tujuan yang ingin dicapai.

Sehingga akan berdampak pada berkurangnya kegiatan atau inisiatif masyarakat untuk memperbaiki lingkungan.

Beberapa persoalan lingkungan yang muncul di antaranya seperti masalah sampah yang terus menggunung, banjir, pencemaran sungai, kenaikan suhu bumi hingga pencemaran udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.