oleh

Ternyata Kuku Tunjukkan Kesehatan Fisik Anda, Ini Tanda-tandanya!

PortalMadura.Com – Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mendapat perhatian wanita agar terlihat menarik. Entah diberikan cat kuku atau hanya sekadar dipanjangkan. Tapi selain itu, ada hal lain yang mungkin jarang orang ketahui yaitu kuku berubah warna dan terdapat goresan garis.

Pernahkah Anda menjumpainya?. Ternyata hal tersebut menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan kesehatan Anda. Yuk simak tanda-tanda pada kuku yang bisa memberitahukan keadaan kesehatan Anda berikut ini:

Kuku Pucat
Jika warna kuku Anda terlihat pucat, kemungkinan itu tanda menderita anemia yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah. “Anemia akibat kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah, dan itu menyebabkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan di bawah kuku,” kata Shilpi Agarwal, MD, dokter pengobatan holistik di Los Angeles.

Kuku pucat juga bisa menjadi tanda diabetes dini atau penyakit liver, yang keduanya dapat menyebabkan gangguan aliran darah. “Ketika didiagnosis dini, diabetes seringkali dapat dikontrol dengan perubahan pola makan,” kata Dr. Agarwal.

Hindari makanan olahan dengan gula dan karbohidrat, dan konsumsi lebih banyak serat, sayuran, dan biji-bijian. “Ini akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan membatasi kerusakan peredaran darah yang disebabkan oleh kadar gula yang tidak terkontrol,” katanya.

Kuku Menguning dan Menebal
Kuku yang berubah kuning tentu tidak terlihat cantik dan tampak kotor. “Kuku yang menebal dan berubah kuning merupakan tanda terinfeksi jamur,” kata Dr. Agarwal. Dia juga menambahkan bahwa penggunaan obat biasa juga sering tidak membantu karena infeksi ini ada di dasar kuku dan lempeng kuku. Anda bisa konsultasikan ke dokter sebelum seluruh luas kuku terinfeksi.

Garis Gelap
“Garis-garis vertikal berwarna cokelat gelap atau hitam pada kuku tidak boleh diabaikan,” ujar Dr. Agarwal memperingatkan. “Ini bisa menjadi tanda melanoma, yang membutuhkan deteksi dini dan perawatan”.

Loading...

Melanoma merupakan salah satu bentuk kanker. Kanker ini merupakan jenis kanker kulit yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Awalnya ini ditandai dengan adanya garis atau titik berawarna cokelat gelap.

Kuku Rapuh dan Tipis
Jika Anda memiliki kuku yang tipis dan rapuh, itu bisa menjadi tanda bahwa tiroid Anda bermasalah. “Kelenjar di leher Anda ini mengatur metabolisme, energi, dan pertumbuhan, dan jika hormon tiroid ini terlalu sedikit sering menyebabkan rambut rontok, kuku rapuh dan tipis, serta pertumbuhan kuku yang lambat,” kata Dr. Agarwal.

Gangguan tiroid juga dapat menyebabkan lempeng kuku terpisah dari dasar kuku. Jika mengalami ini, Anda bisa melakukan tes darah untuk memastikan apakah ada gangguan tiroid, agar bisa dicegah dan diobati dengan cepat.

Baca Juga: 3 Jenis Makanan yang Menyehatkan Kuku

Garis Putih
Garis putih horizontal yang terdapat pada kuku bisa menjadi indikasi penyakit ginjal, kelainan hati, atau kekurangan protein dan nutrisi lainnya. Tetapi tidak semua tanda atau garis putih ini merupakan indikasi penyakit ginjal, jika garis putih pada kuku ini pendek kemungkinan itu karena hasil dari trauma pada pangkal kuku Anda. Ini biasanya dapat berlangsung dari minggu ke bulan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Kuku Biru
Wajah biru adalah indikasi jelas bahwa seseorang kekurangan aliran udara, dan ini juga berarti sama jika kuku biru, yakni tidak mendapatkan cukup oksigen di ujung jari. Menurut Dr. Agarwal ini bisa disebabkan oleh penyakit pernapasan atau masalah pembuluh darah yang disebut penyakit Raynaud, yang merupakan kelainan pembuluh darah yang langka.

Beberapa orang memiliki sirkulasi darah yang lebih lambat, terutama ketika terkena suhu dingin. Jadi, pergilah ke dokter untuk memeriksa darah dan tingkat oksigenasi, jika kuku Anda terus-menerus membiru. (okezone.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar