Tertib Salat Subuh, Ini 6 Manfaatnya

Avatar of PortalMadura.com
Tertib Salat Subuh, Ini 6 Manfaatnya
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Menunaikan ibadah wajib dilakukan bagi umat Muslim. Meskipun terkadang berat untuk melakukannya karena harus bangun pagi. Padahal jika Anda tahu, ternyata tertib melaksanakan salat subuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu, ternyata ada beberapa manfaat lain jika Anda tertib melakukan salat subuh tepat waktu. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa manfaat tertib salat subuh.

Terbukanya Jalan Rezeki

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas salat subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan: “Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Allah SWT berfirman: “Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat fajar (subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra': 78).

Turunnya Nabi Isa AS ke Bumi

Sebuah peristiwa besar di akhir zaman pun akan terjadi pada waktu subuh, yaitu turunnya Nabi Isa AS ke bumi.

Disaksikan Para Malaikat

Rasulullah bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Terhindar dari Penyakit Jantung

Dari sisi kesehatan, seseorang yang membiasakan bangun pagi untuk salat subuh atau ibadah lain, seperti mengaji bisa terhindar dari penyakit jantung. Begitu juga stamina dan kebugaran tubuh terjaga sempurna.

Pahala Salat Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Begitu tinggi keutamaan salat subuh sehingga Rasulullah pun meninggikan salat sunah 2 rakaat sebelum salat subuh atau dikenal dengan istilah salat qobliah subuh. Rasulullah bersabda: “sungguh dua rakaat itu sebelum subuh lebih aku cintai daripada seluruh dunia” (HR. Muslim).

Diselamatkan dari Api Neraka

Rasulullah bersabda: “tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya”(HR. Muslim)

Nabi bersabda: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan salat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.