Tespek Punya Tanggal Kedaluwarsa, Benarkah Itu?

Tespek Punya Tanggal Kedaluwarsa, Benarkah Itu?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sekarang ini tes kehamilan bisa dilakukan di rumah dengan mudah menggunakan test pack. Penggunaan alat ini dengan baik dan benar akan menghasilkan petunjuk yang akurat.

Tapi tidakkah Anda bertanya-tanya saat menggunakannya, seperti layaknya obat, apakah tespek juga punya tanggal kedaluwarsa?. Karena ternyata, tespek memang punya tanggal kedaluwarsa.

Sebagaimana Menurut dokter kandungan Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, Christine Greves, M.D., mengungkapkan dalam Women’s Health bahwa alat tes kehamilan memang punya jangka waktu layak digunakan antara 2-3 tahun lamanya, dan jika kamu menggunakan tespek lebih dari tanggal kedaluwarsa, hasilnya bisa jadi tidak akurat.

Alat tes kehamilan bekerja dengan cara mendeteksi apakah urin/air seni mengandung hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG), yang mana dibentuk setelah adanya pembuahan sperma pada sel telur di dalam tubuh. Hormon ini adalah tanda akurat bahwa Anda hamil.

Semacam senyawa di alat tes kehamilan punya sensitivitas mendeteksi hormon tersebut. Tingkat sensitivitas ini bisa berkurang seiring lamanya test pack tidak dipakai dan mendekati tanggal kedaluwarsa.

Jadi, setiap beli tespek, selalu cek tanggal kedaluwarsanya ya. Karena ternyata tanggal kedaluwarsa yang tertera pada tespek tidak hanya sekadar asal dituliskan begitu saja. Seperti obat, alat tes kehamilan juga punya masa layak pakai. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.