oleh

Tiga Puskesmas Overload Tangani Siswa Keracunan Diduga Imunisasi Difteri

PortalMadura.Com, Pamekasan – Puluhan siswa Al Falah Sumber Gayam Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang mengalami mual, pusing dan pingsan lantaran diduga efek imunisasi suntik difteri dirawat di tiga Puskesmas, Minggu (11/2/2018).

Berdasarkan data sementara, terdapat 60 siswa dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al Falah Sumber Gayam harus dirawat di Puskesmas Kadur, Tentenan dan Puskesmas Talang Siring. Sehari sebelumnya, siswa di dua tingkat itu dikumpulkan untuk suntik imunisasi difteri.

“Untuk penyebabnya kami belum bisa memastikan karena belum diaknosa, apakah karena suntik imunisasi difteri itu atau penyebabnya makanan,” kata Kepala UPT Puskesmas Tentenan, Erlina.

Loading...

Menurutnya, dokter tengah memeriksa penyebab siswa mual, pusing dan ada pula yang pingsan tersebut. Karena banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mual dan pusing itu.

“Lebih jelasnya silahkan tanyakan ke Puskesmas Kadur, karena kami di sini hanya rujukan saja. Dan di sini sudah overload, tidak bisa menerima pasien lagi. Kami juga konfirmasi kepada Kadinkes untuk dirujuk ke klinik lain,” tandasnya.

Dia menjelaskan, siswa yang dirawat di instansinya sebanyak 33 pasien, semua dari jumlah tersebut telah dilakukan perawatan berupa infus untuk memulihkan kondisinya. (Marzukiy/Desy)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE