Tingkatkan Produktifitas Ekonomi Warga Lewat Pemanfaatan SDA

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Desy Wulandari
Tingkatkan Produktifitas Ekonomi Warga Lewat Pemanfaatan SDA
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – “Meningkatkan Produktifitas Ekonomi Masyarakat Dengan Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam” adalah tema pada seminar yang diadakan peserta Kukerta Tematik Posko Pemoeda II Staim 2022, Kamis (3/2/2022).

Kegiatan tersebut bertempat di Desa Larangan Barma, Kecamatan Batuputih, Sumenep dengan melibatkan 150 peserta dan dihadiri langsung Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah serta Forkopimka setempat.

Ketua panitia Moh Choirul Anam mendorong masyarakat agar bisa berdialektika tentang sumber daya alam (SDA) yang ada di Desa Larangan Barma sebagai upaya meningkatkan produktifitas ekonomi warga lewat pemanfaatan SDA.

Selain itu, pihaknya berharap kelompok masyarakat juga mendapatkan pendampingan langsung mengenai produk yang sudah ada. “Agar segmentasi pasarnya tidak hanya regional, tapi bisa tembus nasional, syukur-syukur tembus pasar Internasional,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah yang hadir sebagai keynote speaker menginginkan pemberdayaan masyarakat disektor ekonomi dilakukan dari hulu ke hilir.

“Peningkatan produk UMKM itu tentunya harus dilakukan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Ia mencontohkan olahan pisang. “Ketika pisang diolah harus ada bibit-bibit pisang yang ditanam kembali. Bukan kemudian produktifitasnya jalan, tapi sumber poduknya tidak dijaga,” ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, selalu siap untuk bekerja sama dengan para pihak dan melakukan pendampingan serta pembinaan pada masyarakat hingga produk yang dihasilkan itu harganya naik dan bisa tembus Internasional.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.