oleh

Tingkatkan Rasa Empati pada Anak dengan 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Mama merasa anak seperti tidak memiliki empati? Tidak perlu khawatir Ma, empati pada anak dimulai dengan cara yang amat sederhana, atau anak belum mampu berempati seperti orang dewasa dan rasa empati ini akan perlahan berkembang seiring dengan bertambah usianya. Namun, empati pada anak memang tidak muncul begitu saja, namun perlu diajarkan.

Empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang lain. Singkat kata, empati adalah kemampuan untuk, berbagi perasaan, untuk memahami apa yang sedang dirasakan dan dipikirkan oleh orang lain.

iklan pilbup

Menanamkan rasa empati sejak kecil memang penting. Hal ini agar anak memiliki rasa peduli pada orang lain dan membuatnya tidak menjadi seseorang yang pelit. Jika Anak memiliki rasa empati, ia akan tumbuh menjadi anak yang memiliki rasa bersyukur, memiliki tujuan hidup, dan mudah dicintai banyak orang. Melansir dari fimela.com dikutip oleh laman Huffpost, bagaimana cara mengajarkan anak rasa empati?

Mengajarkan Tentang Berbagai Perasaan
Orang tua dapat mengajarkan tentang berbagai perasaan. Agar anak bisa memiliki rasa empati pada orang lain. Ajarkan si kecil untuk menunjukan emosi yang ia rasakan dan orangtua rasakan.

Manfaatkan Media
Menumbuhkan rasa empati anak bisa dengan membaca buku, menonton televisi atau Youtube. Dari media tersebut orang tua bisa mengajarkan berbagai perilaku karakter yang mana yang baik atau jahat. Terangkan kepada anak sisi positif dan negatif dari masing-masing karakter.

Banyak Berdiskusi
Saat anak memukul, ada baiknya orang tua langsung memisahkan dan menenangkannya. Lalu bicarakan pelan-pelan bahwa tindakan tersebut tidak baik. Bimbing anak untuk menceritakan perasaan sebenarnya. Ini dapat membantu mereka mengekspresikan diri mereka dengan cara yang lebih adaptif.

Mengakui Kesalahan
Jika orang tua melakukan kesalahan, ada baiknya untuk mengakuinya kepada anak. Dengan begitu anak akan belajar bagaimana menghargai dan empati pada orang lain.

Ajak Anak untuk Mudah Memberi
Beri contoh kepada anak jika kita memberi pada orang yang membutuhkan adalah prilaku yang baik. Ajak anak untuk selalu menolong orang lain.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar