oleh

Tipe Rambut Anda Kering? Begini 5 Cara Rawatnya

PortalMadura.Com – Memiliki rambut yang indah dan berkilau tentu merupakan impian setiap kaum hawa. Pasalnya, dengan rambut yang indah dapat menambah kecantikan wanita. Akan tetapi, rambut kering malah merusak penampilan seorang perempuan.

Biasanya, untuk mewujudkan impian tersebut sebagian kaum hawa rela menguras isi dompet untuk pergi ke salon. Namun, sebenarnya dengan memanfaatkan bahan yang murah-meriah mereka dapat memiliki rambut yang indah berkilau. Penasaran?.

Berikut lima cara merawat rambut kering, seperti dikutip Okezone.com dari Boldsky:

Pakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu solusi rumahan yang paling populer untuk mengatasi rambut kering. Zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang melimpah, bermanfaat untuk menutrisi kembali rambut yang rusak dengan cara menyelimuti kutikula (lapisan terluar rambut) dengan kelembapan.

Cara menggunakannya, tuang minyak zaitun ke dalam cangkir atau mangkuk. Lalu, Anda bisa menghangatkan minyak zaitun dalam microwave selama beberapa detik. Oleskan ke kulit kepala dan batang rambut secara menyeluruh sembari dipijat. Diamkan selama beberapa menit atau semalaman, bilas dan keringkan dengan diangin-anginan. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

Pakai Telur

Telur juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak dan kering. Selain sumber protein, telur juga kaya akan lesitin yang dapat membantu menguatkan dan memperbaiki rambut yang rusak sehingga rambut kembali tampak lembap dan berkilau.

Caranya, campurkan 3 telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke kulit kepala dan rambut yang sebelumnya sudah sedikit dibasahi. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit, kemudian keramas dengan sampo dan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu agar rambut tampak semakin halus.

Baca Juga: 3 Cara Pilih Sampo yang Benar untuk Rambut Kering

Pakai Sampo yang Lembap

Pilihlah pelembab mild di sampo untuk mencuci rambut Anda. Hal ini dikarenakan, kandungan pada produk lain mengandung kandungan kimia yang keras sehingga merusak rambut.

Pakai Kondisioner

Sejak sampo mengambil minyak asli dari kulit kepala, untuk itu Anda harus memakai kondisioner sebagai alat hidrasi yang baik. Kondisioner rambut akan menghindarkan rambut dari kekeringan.

Hindari Menata Rambut

Jika rambut terlalu kering lebih baik hindari produk styling seperti gel, hair spray atau produk untuk menata rambut lainnya. Hal ini hanya akan membuat rambut Anda makin kasar dan rusak.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE