Tips Berwisata ke Pulau Mandangin

Avatar of PortalMadura.Com
Pulau Mandangin Sampang
Pulau Mandangin Sampang

PortalMadura.Com, – Pulau/Desa Mandangin terletak di sebelah selatan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Secara administrasi, masih masuk wilayah Kecamatan Kota Sampang. Pulau ini, mempunyai tiga dusun. Dusun Barat terdiri dari 6 RT, Dusun Kramat terdiri dari 5 RT, dan Dusun Candin terdiri dari 5 RT.

Untuk menuju palau ini, pengunjung harus menggunakan alat transportasi perahu motor atau perahu layar motor dari Pelabuhan Tanglok, kota Sampang. Untuk perahu layar motor reguler tarifnya hanya Rp 10.000,00 sekali jalan. Namun, bagi yang hendak carter perahu pulang-pergi dipatok Rp 600.000,00 dengan kapasitas 30 orang.

Waktu tempuh perjalanan laut kurang lebih satu setengah jam. Selama perjalanan, anda akan disuguhi keindahan laut yang airnya jernih. Lalu lalang perahu layar motor dan kapal pencari ikan nelayan terasa tak mau kembali ke daratan. Memang menakjubkan.

Transportasi Perahu Motor Pulau Mandangin
Transportasi Perahu Motor Pulau Mandangin

Iangat ! Lebih baik membawa sunblock (pelindung kulit) jika anda berwisata ketempat yang berdekatan dengan laut, apabila tak ingin kulit anda terbakar matahari. Khususnya bagi anda yang berniat untuk bermain di sekitar kawasan pantainya.

Jika anda punya waktu luang, jangan lewatkan suasana senja hingga matahari terbenam di sebelah barat Pulau Mandangin. Suasananya sangat cantik dan mempesona. Namun, jangan sampai kemalaman agar tidak kehabisan kapal terakhir untuk kembali ke Sampang (bila menggunakan perahu reguler).

Sunset di Pulau Mandangin (foto visitmandangin)
Sunset di Pulau Mandangin (foto visitmandangin)

Bawalah air minum sendiri agar tidak repot mencari warung apabila anda merasa haus. Meski di Pulau Mandangin sudah banyak warung rujak lontong dan menjual air kemasan.

Akan lebih menarik mengelilingi daratan Pulau Mandangin jika anda membawa kendaraan seperti sepeda. Di Pulau Madangin belum ada fasilitas jasa ojek. Yang ada hanya perahu untuk mengelilingi pantai.

Akrabkan diri anda dengan masyarakat setempat dan tetap jaga sopan santun sebagai pendatang. Anda juga akan diterima dengan ramah.(htn)

Pengunjung Pulau Mandangin diatas Perahu Motor
Pengunjung Pulau Mandangin diatas Perahu Motor

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.