Sentuhan Keindahan Pulau Mandangin

Avatar of PortalMadura.com
Pulau Mandangin
Pulau Mandangin

PortalMadura.Com, Sampang – Keindahan yang dimiliki Pulau Mandangin, Kecamatan Kota Sampang, Jawa Timur sungguh menakjubkan bagi para pengunjung.

Air lautnya yang jernih dan dikenal akan keindahan pasir putih, dan terumbu karang yang dapat dilihat dengan mata telanjang menambah rentetan eksotis seabrek pulau yang dimiliki Madura.

Pulau yang dihuni 19.507 jiwa dengan luas 1.650 km² ini, menjanjikan untuk dinikmati bagi siapapun yang berkunjung. Anda bakal disuguhi keindahan bibir pantai dan perahu layar motor yang lalu lalang dan mempunyai ciri khas khusus.

Anda juga akan dimanjankan dengan alunan arus ombak yang bersahabat sambil mengelilingi pulau seraya memancing bagi penghobi mancing.

Tentu anda juga akan dituntut mengabadikan momen-momen yang indah dengan cara berfoto ria. Di pulau ini juga terdapat situs makam Bangsacara – Ragapadmi beserta anjingnya yang setia.

Kisah Bangsacara-Ragapadmi diperkirakan terjadi sekitar tahun 1305 Caka (1383 M), yakni pada masa kerajaan Majapahit. Sudah banyak wisatawan yang datang ke Pulau Madangin.

Baca Juga:  Diduga Stres Sejak Cerai, Wanita Paruh Baya Ditemukan Tewas dalam Sumur

Nuansa religius masih sangat kental dalam komunitas masyarakat nelayan pada umumnya, tetapi masyarkat Mandangin lebih steril dari pengaruh luar.

Meski demikian, masyarakatnya sangat terbuka (welcome) terhadap siapapun yang berkunjung. Mereka sangat sopan dan sumringah saat ada pengunjung.

Di Pulau ini, ada sekitar 7.529 (38,59%) orang berprofesi sebagai nelayan. Terbesar kedua adalah pedagang sebanyak 234 (1.20%) orang dan yang lainnya (0,14%) bekerja sebagai tukang batu, tukang kayu, pegawai negeri dan sebagainya.(htn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.