Tips Kurangi Kantuk dan Lelah Saat Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Kurangi Kantuk dan Lelah Saat Puasa Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengantuk dan sering lelah merupakan hal yang sering kita alami saat puasa. Wajarlah karena kita dalam posisi menahan lapar dan dahaga. Tapi, ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan supaya tidak didera berlebihan saat berpuasa. Caranya dengan hindari makanan yang terlalu manis, dan berlemak.

“Berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut ketika berbuka dan sahur dapat meningkatkan kadar glukosa darah secara cepat. Glukosa darah yang naik secara cepat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk,” ujar dr Yolinda Candra Arintya dari RSI Sultan Agung saat edukasi pola hidup sehat saat Ramadan yang diikuti manajemen dan karyawan Perum Perumnas Semarang belum lama ini.

Kiat lain yang disampaikan dr Yolinda jelang puasa adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. “Saat berbuka, yang utama adalah air putih namun bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola yang memiliki sifat diuretik (memacu keinginan berkencing, red)” kata Yolinda.

Saat puasa, dr Yolinda juga mengajak untuk tetap produktif. Lakukan aktivitas sama seperti saat sedang tidak berpuasa. “Jangan khawatir, saat puasa tubuh tetap mendapatkan asupan energi yang didapat dari simpanan lemak tubuh,” ujarnya.

Sakit kepala yang seringkali mendera seseorang berpuasa bisa mengurangi rokok dan kopi. “Perbanyak makan buah dan sayuran,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.