oleh

Tips Memilih Susu Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

PortalMadura.Com – Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus membatasi konsumsi gula, termasuk makanan dan minuman yang manis.

Diabetes bukan halangan untuk menikmati kelezatan susu. Ada banyak khasiat susu yang bisa membawa manfaat bagi penderita diabetes. Supaya tidak salah pilih, pelajari dulu cara memilih susu diabetes yang aman bagi penderita kencing manis.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Minggu (24/1/2021), berikut tips memilih susu untuk penderita diabetes:

Pilih Susu yang Rendah Gula

Tak hanya meningkatkan gula darah, mengkonsumsi susu yang tinggi akan gula juga dapat sebabkab resistensi insulin. Jika seperti ini, susu justru akan memperparah kondisi penderita diabetes. Selain itu, kadar gula yang tinggi pada minuman atau makanan dapat berujung pada penumpukan lemak perut yang bisa memperparah komplikasi diabetes dan menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

Pilih Susu yang Kaya Akan Kalsium dan Vitamin D

Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kombinasi vitamin D dan kalsium pada susu akan menjaga kepadatan tulang, sehingga risiko terjadinya patah tulang pun akan lebih rendah.

Pilih Susu yang Rendah Lemak dan Tinggi Protein

Susu rendah lemak adalah pilihan yang lebih tepat bagi penderita diabetes, karena dapat mengurangi risiko stroke atau serangan jantung. Selain itu, protein pada susu terbukti dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Hal ini menguntungkan bagi penderita diabetes karena kestabilan gula darah merupakan salah satu target dalam pengobatannya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar