Tradisi Maulid Nabi, Remaja Vs Anak di Sampang Rebutan Uang Koin

Avatar of PortalMadura.Com
Tradisi Maulid Nabi, Remaja Vs Anak di Sampang Rebutan Uang Koin
Anak-anak Rebutan Koin Maulid Nabi

PortalMadura.Com, – Warga Desa Pangereman, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mempunyai cara tersendiri dalam memperingati hari lahir atau maulid Nabi Muhammad SAW.

Mereka yang mayoritas anak-anak dan remaja berebut uang koin dan berbagaimacam jenis buah-buahan. Tidak diketahui berapa jumlah total uang koin tersebut. Uang koin itu disediakan oleh warga setempat yang disajikan dengan buah-buahan.

Bahkan, terlihat ada balon, jajanan pasar, tumpeng berbagai ukuran dan pohon pisang yang dijadikan tempat koin. itu berlangsung secara spontan sebelum pembacaan surat Al-Fatihah sebagai tanda selesainya peringatan maulid Nabi.

“Ada sesi dan waktu yang sudah ditentukan. Reaksi rebutan koin itu, pada akhir dari doa sebelum ditutup dengan Surat Al-Fatihah,” kata salah seorang warga setempat, Rohman (27).

Tradisi tersebut hanya terlihat pada saat peringatan maulid Nabi di desa tersebut. Tujuannya, mengajak masyarakat agar berkumpul lebih harmonis, baik dengan kalangan remaja, masyarakat umum dan anak-anak.

Tradisi unik itu tidak terlihat di desa lain.(Rafi/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.