Tujuh Kursi Pejabat Eselon II di Pamekasan Kosong

Avatar of PortalMadura.Com
Tujuh Kursi Pejabat Eselon II di Pamekasan Kosong
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Memasuki awal tahun 2019, sebanyak tujuh kursi jabatan eselon II di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim dalam posisi kosong. Sebagian diantaranya diisi pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pamekasan, melalui (Kepala Bidang) Kabid Mutasi, Sri Puja Astutik, menyebutkan, tujuh jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong itu, sekretaris daerah, inspektur, dua staf ahli, asisten, kepala badan perencanaan pembangun daerah (Bappeda) dan kepala dinas pertanian.

Kekosongan itu lantaran banyak pejabat yang sudah pensiun. “Rata-rata memang memasuki masa pensiun, untuk inspektur kita sudah tahu sendirilah (tersangka KPK sejak tahun 2017, red),” kata Tutik, Rabu (9/1/2019).

Menurutnya, kekosongan akan bertambah menjadi sembilan pada bulan Maret mendatang. “Kalau bulan Maret nanti, jabatan Kadinkes dan Kabakesbangpol juga akan masuk masa pensiun,” papar Tutik.

Untuk melakukan mutasi, pihaknya mengaku belum bisa dilakukan karena masa jabatan Bupati Pamekasan belum memasuki waktu enam bulan sejak pelantikan.

Ada tahapan untuk pengisian jabatan maupun pergeseran eselon II. Salah satunya harus mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Pendaftaran juga dilakukan terbuka dan melalui tahapan seleksi.

“Kalau itu wewenang pak Bupati, bisa sih dalam waktu dekat, dengan syarat ada izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri,” terangnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pamekasan, Rize Ikhwan Muttaqin, meminta rotasi pejabat eselon II harus dipilih berdasarkan kemampuan di bidangnya.

Ia juga menyarankan Pemkab mengganti pimpinan OPD yang tidak inovatif dan terkesan mempersulit program pemerintah. Seperti, OPD yang tidak mampu menyerap anggaran.

“Kursi pejabat harus diisi dengan sosok yang mampu menterjemahkan program bupati, agar tidak tidak amburadul,” kata politikus Golkar ini.(Hasibuddin/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.