Tulang Ekor, Bagian Tubuh Jenazah yang Tak Akan Pernah Hancur Menurut Hadis

Avatar of PortalMadura.com
Tulang Ekor, Bagian Tubuh Jenazah yang Tak Akan Pernah Hancur Menurut Hadis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Proses seseorang yang meninggal dunia, khususnya umat Islam yaitu dimandikan, disalatkan kemudian dimakamkan, selanjutnya pembusukan dan penguraian akan berlangsung. Akan tetapi, ternyata ada satu bagian yang tidak akan bisa hancur, Apa itu?.

Satu bagian tubuh manusia yang tidak akan hancur di dalam tanah adalah . Sekelompok ilmuwan pun telah membuktikan di beberapa laboratorium bahwa tidak mungkin bagian akhir dari tulang ekor tersebut bisa dihancurkan sepenuhnya.

Bahkan, Ilmuwan tersebut telah mencoba melarutkannya secara kimia dengan asam yang sangat kuat, melalui pembakaran, bahkan dipukul benda keras, hingga diberi berbagai jenis radiasi.

Ketika manusia meninggal, seluruh tubuh terurai kecuali tulang ekor. Sebagaimana yang dijelaskan dalam buku ‘Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah', para ahli embriologi membuktikan bahwa tubuh manusia diciptakan dari untai sangat halus, disebut untai primer.

Untai itu dibuat dengan kehendak Allah Yang Maha Kuasa pada hari ke-15 setelah pembuahan sel telur dan implantasi pada dinding rahim. Ketika untai ini terbentuk, semua organ embrio pun mulai terbentuk, terutama sistem saraf, bagian awal tulang belakang, lalu seluruh bagian tubuh.

Selanjutnya, untai ini merangsang sel untuk mulai membagi, membedakan satu sama lain, dan memiliki karakteristik khusus. Hal ini juga membantu membentuk jaringan dan organ khusus secara sempurna, yang saling melengkapi dan bekerja sama untuk melakukan semua fungsi tubuh.

Untai primer tersebut akan terurai (setelah manusia mati), kecuali sebagian kecil (asal tulang ekor) yang tersisa dari tulang belakang. Tulang ekor ini memiliki keistimewaan karena disebutkan dalam sebuah .

“Jarak antar dua tiupan Sangsakala itu empat puluh. Kemudian Allah menurunkan hujan dari langit, lalu mereka tumbuh seperti tumbuhnya sayuran. Semua bagian manusia akan hancur kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dari tulang ekor itulah manusia diciptakan pada hari Kiamat” (HR. Bukhari 4554 dan Muslim 5253).

Hadis di atas mengungkap, bahwa bagian tubuh manusia akan hancur kecuali satu tulang, yakni tulang ekor. Tulang itu akan tetap seperti itu meski manusia mengalami kematian, bahkan hingga tubuhnya membusuk. Dari tulang ekor ini manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat.

Alquran juga menyebutkan mengenai tulang belulang, Allah SWT berfirman: “Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh? Katakanlah: “Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk,” (QS. Ya Sin : 78-79). Wallahu A'lam. (okezone.com/ Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.