oleh

Turki Jadi Negara Unggul dalam Investasi Energi

PortalMadura.Com – Turki adalah salah satu negara unggul dalam sektor investasi energi, terutama energi terbarukan, kata presiden negara itu pada Rabu (10/3/2021).

“Dalam kapasitas energi terbarukan, Turki menempati urutan ke-13 di dunia dan ke-6 di Eropa,” kata Presiden Recep Tayyip Erdogan, pada rapat fraksi Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di parlemen Turki.

“Kami sedang melaksanakan proyek yang akan mengubah negara kami menjadi pusat energi,” kata Erdogan.

Dalam upaya ini, proyek Trans-Anatolian Natural Gas Pipeline (TANAP) dan Turk Stream akan mulai beroperasi, tambah dia.

Menggarisbawahi salah satu investasi penting di bidang energi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Akkuyu di provinsi Mersin, dia mengatakan munculnya pembangkit listrik tenaga nuklir di negara itu terus ditentang oleh beberapa pihak.

“Hari ini kami akan mengadakan upacara peletakan batu pertama reaktor ketiga [PLT Akkuyu] dengan [Presiden Rusia Vladimir] Putin,” kata dia, menambahkan bahwa upacara peletakan batu pertama reaktor keempat akan direalisasikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Saya berharap acara peletakan batu pertama unit ketiga pembangkit kita yang rencananya unit pertama akan dioperasikan pada 2023 dapat bermanfaat bagi semuanya,” tambah dia.

Dia menekankan bahwa PLTN Akkuyu akan memenuhi 10 persen kebutuhan energi negara itu.

“Dimensi strategis utama dari proyek ini adalah akan mendiversifikasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan energi Turki. Selain itu, sangat penting berada di antara negara-negara yang memiliki teknologi nuklir di dunia,” sebut dia.

Awal operasi untuk unit pertama pabrik direncanakan pada 2023 ketika negara itu akan merayakan ulang tahun republik ke-100.

Ketiga unit yang tersisa akan mulai beroperasi pada akhir 2026.

Perjanjian antar pemerintah dengan PLTN Akkuyu, yang saat ini sedang dibangun, ditandatangani antara Turki dan Rusia pada Mei 2010.

Mengenai aktivitas pengeboran hidrokarbon Turki, Erdogan mengatakan Kanuni, salah satu dari tiga kapal bor milik Turki, bersiap untuk melakukan tugas selanjutnya di Pelabuhan Filyos di pantai Laut Hitam.

Dia berharap Kanuni mulai mengebor sumur pada April mendatang.

Turki menemukan ladang gas terbesar di dunia sebanyak 405 bcm di Laut Hitam pada 2020.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar