Umat Islam, Ini 7 Golongan Manusia yang Dapat Perlakuan Spesial di Akhirat

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 7 Golongan Manusia yang Dapat Perlakuan Spesial di Akhirat
Ilustrasi (Sindonews)

PortalMadura.Com merupakan tempat kehidupan kekal manusia setelah kematian. Kehidupan di akhirat akan sengsara apabila manusia melakukan kemaksiatan begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain akhirat menjadi tempat pembalasan apa yang dilakukan di dunia.

Namun, ternyata ada beberapa golongan manusia yang mendapat perlakuan spesial di akhirat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan, pada hari yang tidak ada satu pun naungan kecuali naungan-Nya azza wa jalla.”

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut tujuh golongan manusia yang diperlakukan spesial di akhirat karena kecintaannya kepada Allah SWT yakni;

1. Pemimpin yang adil

2. Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah

3. Seseorang yang hatinya senantiasa terikat dengan masjid

4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka bersatu dan berpisah karena-Nya

5. Seseorang yang diajak berzina oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, namun ia justru berkata, ‘Aku takut kepada Allah.

6. Seseorang yang bersedekah dan menyembunyikan sedekahnya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.

7. Seseorang yang berzikir kepada Allah sendirian hingga meneteskan air mata.” (HR. al-Bukhari no. 660 dan Muslim no. 1031)

Ustaz Abdurrahman Mubarak dalam sebuah kajian dikutip dari HijrahApp menyebutkan Allah SWT berfirman: “Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya kalian tidak akan mampu menghitungnya.” (QS. Ibrahim: 34)

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah telah menyebutkan beberapa macam nikmat Allah SWT yang Dia berikan kepada para hamba-Nya, yaitu: Nikmat yang telah didapatkan dan telah diakui oleh hamba-Nya; nikmat yang dinantikan dan diharapkan oleh hamba-Nya; dan nikmat yang telah didapatkan, tetapi dia tidak merasakannya.

Jika Allah SWT hendak menyempurnakan nikmat-Nya kepada seorang hamba, Dia akan membimbing hamba tersebut untuk mengakui nikmat yang telah diperolehnya, dan memberinya taufik untuk mensyukurinya. (al-Fawaid, halaman 169)

Salah satu di antara sekian banyak nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua adalah disatukannya hati kita di atas agama Islam, yang menjadikan kita saling bersaudara karena-Nya.

Allah SWT berfirman: “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran: 103)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.